Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengTerdepan Hadapi Covid-19, Nakes di Buleleng Dapat Injeksi Vaksin Tahap Tiga

Terdepan Hadapi Covid-19, Nakes di Buleleng Dapat Injeksi Vaksin Tahap Tiga

BULELENG, balipuspanews.com – Para tenaga kesehatan (nakes) saat ini memang menjadi garda terdepan dalam menghadapi kasus pandemi Covid-19 yang belum berhenti hingga kini.

Mengingat hal itu memberikan perlindungan atau daya tahan yang lebih sangat diperlukan oleh para tenaga kesehatan ini. Sehingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mulai memberikan injeksi vaksin dosis tahap ketiga terhadap tenaga kesehatan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas COVID-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan menyampaikan bahwa tenaga kesehatan merupakan ujung tombak dalam penanganan pandemi Covid-19.

Tercata saat ini jumlah yang telah menerima vaksin tersebut berjumlah 272 orang. Meski pemberian vaksin dosis ketiga sudah berjalan, akan tetapi hal itu dipastikan tidak akan mengganggu proses vaksinasi untuk masyarakat baik yang baru menerima vaksin dosis pertama maupun yang akan menerima dosis kedua.

“Semua pelaksanaan vaksinasi tak akan terganggu dengan adanya vaksinasi tahap ketiga ini,” jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (3/8/2021) sore.

Perlu diketahui sampai berita ini diturunkan jumlah total penerima vaksin di Buleleng telah mencapai 579.110. Rincian, 474.369 untuk dosis pertama, sedangkan dosis kedua 79.025. Hal tersebut telah melebihi capaian target yang ditargetkan Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-Pen) sebanyak 578.549.

BACA :  Cosplay Raja Buleleng Meriahkan HUT Kota Singaraja ke-420, Ingatkan Soal Sejarah

Dikatakan, Suwarmawan proses vaksinasi tahap ketiga ini ada syarat yang harus dipenuhi nakes yakni telah mengikuti mengikuti vaksinasi dosis satu dan dua secara lengkap.

Sehingga untuk itu dari data yang diperoleh hingga kini nakes yang telah menerima vaksin dosis satu dan dua sebanyak 3.820 orang. Maka jadwal vaksinasi ketiga akan menyesuaikan dengan jadwal setelah diberikan vaksin dosis kedua.

“Jadi ini sama-sama jalan. Untuk vaksin ke masyarakat terus berjalan, dan dosis ketiga ini tidak ada target kapan selesai. Karena sifatnya menyesuaikan,” sebutnya.

Tak hanya itu, Suwarmawan yang kini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfosanti memaparkan bahwa saat ini pemberian vaksin kepada nakes sama pentingnya dengan vaksinasi yang menyasar masyarakat umum. Sebab hal ini dilakukan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan komunal sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Sedangkan saat disinggung soal sasaran yang jelas, dirinya mengakui bahwa terkait sasaran petugas publik menerima vaksin ke tiga, pemerintah masih menunggu penyelesaian vaksinasi terhadap tenaga kesehatan.

BACA :  Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Dana BOS Disdikpora Badung Gelar Sosialisasi Bagi Satuan Pendidikan Jenjang SMP

“Saat ini kita fokus ke nakes dulu. Nanti bisa saja menyesuaikan untuk petugas publik,” singkatnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor   : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular