Terima Kunjungan Sekretaris Eksekutif UNESCAP, Mensos : Bahas Isu Penyandang Disabilitas se-Asia Pasifik

Menteri Sosial Tri Rismaharini menerima kehadiran Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP) Armida Salsiah Alisjahbana. (dok. Biro humas Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini menerima kehadiran Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP) Armida Salsiah Alisjahbana. (dok. Biro humas Kemensos)

JAKARTA, balipuspanews.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini menerima kehadiran Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP) Armida Salsiah Alisjahbana. Kedua pihak bertukar pikiran terkait isu-isu pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Secara khusus, pertemuan ini menyinggung rencana pelaksanaan High Level Meeting (pertemuan setingkat menteri) yang akan membahas penyandang disabilitas se-Asia Pasifik dan Indonesia akan menjadi tuan rumah pada pertemuan bulan Oktober 2022.

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini mengatakan, pertemuan tersebut akan membahas isu-isu tentang penyandang disabilitas se-Asia Pasifik. Setidaknya ada empat yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut yakni, pemenuhan aksesibilitas para penyandang disabilitas dalam memperoleh fasilitas umum, kesempatan kerja para penyandang disabilitas, social protection (jaminan sosial), serta intervensi di usia dini.

Baca Juga :  KemenPPPA Bersinergi Percepatan Penyusunan Aturan Turunan UU TPKS 

“Insyaallah bulan Oktober nanti kita akan menjadi tuan rumah untuk acara High Level Meeting, jadi setingkat menteri untuk membahas disabilitas di Asia Pasifik,” ucap Mensos Risma dalam keterangannya, Selasa (21/6/2022).

Hal ini, menurut Mensos Risma, menjadi suatu langkah maju, mengingat Kementerian Sosial sangat mendukung program kemandirian penyandang disabilitas. Salah satunya program Indonesia Mendengar untuk penyandang tuli. Selain itu, Kemensos menelurkan sejumlah inovasi lainnya yakni memberikan alat penunjang kendaraan roda tiga untuk penyandang disabilitas agar dapat membentuk kemandirian ekonomi. Kemensos juga memberikan tongkat adaptif untuk tunanetra.

Usai pertemuan, Mensos menyatakan, Indonesia sudah mencapai banyak kemajuan dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Banyak payung hukum, kebijakan dan program yang memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas.

Baca Juga :  Hari Terakhir Pendaftaran Parpol Pemilu 2024, KPU Pastikan Tak Ada Masa Perpanjangan

Sementara itu, Sekretaris UNESCAP, Armida Salsiah Alisjahbana menuturkan Indonesia akan menjadi tuan rumah High Level Meeting untuk membahas disabilities di Asia Pasifik.

Armida menjelaskan dalam acara itu, pihaknya bersama Kemensos akan mengangkat sejumlah isu sosial bagi penyandang disabilitas.

Penulis/editor : Ivan Iskandaria.