The ONE Legian Telah Terverifikasi New Normal Akomodasi Pariwisata

General Manager The ONE Legian, Sang Putu Eka Pertama saat proses verifikasi.
General Manager The ONE Legian, Sang Putu Eka Pertama saat proses verifikasi.

BADUNG, balipuspanews.com – Beriringan dengan kesiapan sektor pariwisata untuk menerima kembali wisatawan, berbagai upaya dilakukan para pelakunya, salah satunya adalah akomodasi.

Industri perhotelan berbenah untuk melengkapi propertinya dengan protokol kesehatan dengan tatanan new normal.

Sebagai destinasi unggulan Indonesia, Bali menunjukkan geliat rindunya akan pariwisata. Beradaptasi dengan situasi dan kondisi pandemi saat ini, Dinas Pariwisata Bali telah menggandeng asosiasi pariwisata seperti PHRI untuk membentuk tim verifikator menjelang penerapan new normal.

The ONE Legian, hotel bintang 4 di area Kuta-Legian ini menjadi yang pertama mengajukan diri untuk diverifikasi terkait dengan kesiapan penerapan protokol kesehatan baru.

Bertepatan dengan moment ulang tahun The ONE Legian ke-9, penilaian dilakukan oleh Tim Verifikasi Pariwisata Provinsi Bali area Legian, yaitu Ibu Bonaventura Christiani, Amd, CHA, Ibu I Gusti Ayu Ety Setiawati, SE, AK, Ibu Theresia Elena dan Bapak I Putu Wiartha Suhita pada Kamis, (9/7/2020).

Didampingi oleh General Manager The ONE Legian, Sang Putu Eka Pertama dan jajaran Manajemen hotel, proses verifikasi dilakukan untuk 3 area besar yaitu Room, Back Office dan Food & Beverage.

Tak hanya petunjuk atau arahan yang terpasang di area hotel namun juga kelengkapan SOP & PnP masing-masing tiap departemen di cek secara seksama.

Konsistensi dan sinkronisasi antara yang tertulis dengan implementasi lapangan inilah yang menentukan kesiapan serta kelayakan akomodasi dalam menerapkan protokol kesehatan new normal.

Aspek CHS (Cleanliness, Healthy & Safety) harus terepresentasikan dengan terperinci, baik untuk tamu dan karyawan.

“Kami menyambut baik adanya sertifikasi ini, kami pun segera ingin dapat beroperasi kembali tanpa menjadi klaster penyebaran covid-19. Jauh sebelum ini kami tentu secara internal giat untuk meminimalisir kemungkinan karyawan maupun pengunjung terinfeksi virus melalui pembatasan di beberapa hal.” ucap Eka Pertama.

Eka berharap dengan adanya sertifikasi ini, yang nanti akan wajib dimiliki semua akomodasi, Bali kembali dipercaya wisatawan maupun agen perjalanan baik dalam maupun luar negeri bahwa kami siap dan sangat memperhatikan kesehatan dan keselamatan wisatawan.

Di akhir acara penilaian, disampaikan di hadapan seluruh Manajemen oleh Ibu Bonaventura Christiani, CHA, bahwa The ONE Legian telah tersertifikasi sebagai akomodasi pariwisata yang siap dan layak melayani dengan protokol kesehatan baru.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa turut memberikan ucapan selamat atas verifikasi yang hari ini dijalani oleh The ONE Legian sekaligus mengapresiasi karena The ONE Legian menjadi hotel pertama di area Kuta Legian Seminyak yang terverifikasi untuk akomodasi siap protokol kesehatan new normal.

Meski ada beberapa masukkan yang mesti ditindaklanjuti, secara general The ONE Legian telah memenuhi syarat untuk memahami masalah protokol kesehatan dan siap dengan langkah pencegahannya. (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Oka Suryawan