Paripurna Pengambilan keputusan Dewan Karangasem
Paripurna Pengambilan keputusan Dewan Karangasem
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Tiga rancangan peraturan daerah (Perda) Kabupaten Karangasem yang telah diserahkan untuk dibahas pihak Legislatif oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri pada tangga 14 Mei 2019 lalu telah disepakati untuk dijadikan Perda dalam rapat Paripurna Pengambilan keputusan Dewan Karangasem yang berlangsung siang ini, Selasa (19/11/2019).

Ketiga rancangan Perda yang telah disepakati tersebut adalah, (1). Rancangan Peraturan Daerah tentang pencabutan Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2012 tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Batuan. (2). Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan atas peraturan daerah nomor 8 tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. (3). Rancangan peraturan daerah nomor 2 tahun 2015 tentang Pemilihan Pengangkatan dan Pemberhentian Perbekel.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana yang dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri. Dalam penyampaian pandangan akhir fraksi – fraksi atas ketiga Ranperda tersebut yang dibacakan oleh anggota Dewan I Ketut Badra disebutkan bahwa seluruh fraksi setuju dengan sejumlah usulan.

“Dari fraksi Partai Nasdem, setuju dengan usul agar Perda ini dapat memberikan dampak positif serta mampu mengoptimalisasi pemberian pelayanan kepada masyarakat. Dari fraksi Golkar setuju dengan usul agar sialisasi terkait dengan Perda ini sampai hingga ketingkat Desa terutama menjelang pelaksanaan Pilkaddes mendatang,” kata Badra.

Sementara itu, Sekertaris Dewan Karangasem, I Wayan Ardika saat membacakan rancangan keputusan tentang persetujuan penetapan ketiga rancangan perda kabupaten karangasem memutuskan menetapkan, menyetujui ketiga Ranperda untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Dengan ditetapkannya Perda sebagaimana dimaksud akan segera ditindak lanjuti dengan pelaksanaan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyrakat di Kabupate karangasem. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” terang Ardika.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri saat membacakan pendapat akhir mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi jalannya rapat kerja baik di Pansus I maupun Pansus II karena pembahasannya berlangsung dengan penuh keterbukaan yang dilandasi semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi, sehingga selama pembahasan berlangsung dengan lancer dalam suasana kekeluargaan untuk mencapai musyawarah mufakat.

“Dalam pembahasan terhadap ketiga Rancangan peraturan daerah ini tentunya telah dikaji secara mendalam dan juga telah melalui studi banding,” ujarnya Bupati Mas Sumatri.

Menurutnya, pihak eksekutif telah berusaha memberikan jawaban semaksimal mungkin atas pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh pansus I dan II dalam rapat kerja sebelumnya. Setelah mendengarkan penyampaian laporan gabungan komisi yang pada perinsifnya bahwa pembahasan terhadap ketiga ranperda tersebut dapat disepakati bersama untuk ditetapkan sebagai Perda. (suar/bpn/tim)