Selasa, Juli 16, 2024
BerandaJembranaTim Yustisi Desa Pohsanten Tertibkan Duktang

Tim Yustisi Desa Pohsanten Tertibkan Duktang

JEMBRANA, balipuspanews.com– Aparat Desa Pohsanten tidak ingin ada penduduk pendatang (Duktang) yang tidak terdata di desanya. Sehingga Rabu (27/9/2023) Tim Yustisi Desa kembali melakukan penertiban terhadap keberadaan Duktang.

Dalam melakukan penertiban Tim Yustisi yang terdiri dari Aparat Desa Pohsanten, Babinsa Pohsanten, Koramil 1617-02/Mendoyo dan Satpol PP Desa Pohsanten mendatangi tempat-tempat Duktang bekerja di Banjar Rangdu.

Tujuannya guna melakukan pendataan dan pemeriksaan kelengkapan administrasi kependudukan mereka baik KTP maupun surat keterangan penduduk non permanen.

Disela-sela penertiban Babinsa Pohsanten Koramil 1617-02/Mendoyo, Kopka Andi Sepriadi mengatakan inspeksi mendadak terhadap keberadaan penduduk pendatang yang berasal dari luar Desa Pohsanten dilakukan dengan tujuan agar dapat memonitor jumlah penduduk pendatang di Desa Pohsanten saat ini, demi tercapainya tertib administrasi dan menciptakan lingkungan yang tertib, aman, dan kondusif.

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap keberadaan penduduk pendatang guna mempermudah pemantauan dan pengawasan setiap aktivitas yang mereka lakukan sehingga mempermudah dalam pengendalian,” ujarnya.

Dari penertiban warga pendatang baru di Banjar Rangdu, Desa Pohsanten, tidak ditemukan adanya warga pendatang yang belum melaporkan diri ke kantor desa.

BACA :  Pemekaran Desa Dinas, Sedana Artha Sebut untuk Percepatan Pembangunan

“Kami menghimbau kepada warga yang memiliki kos-kosan atau rumah yang dikontrakan, apabila ada pendatang yang mau menempati kos atau rumah yang dikontrakan agar melaporkan diri kepada Kelian dan selanjutnya membuatkan kartu penduduk non formal di kantor desa,” ungkapnya.

Pemeriksaan penduduk pendatang di wilayah Desa Pohsanten secara rutin dilakukan. Kepada penduduk pendatang dihimbau agar mematuhi setiap peraturan yang berlaku.

“Dan bersama-sama untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan,”ujarnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular