Selasa, Februari 27, 2024
BerandaKarangasemTumpek Landep, Pemkab Karangasem Gelar Persembahyangan di Pura Luhur Andakasa

Tumpek Landep, Pemkab Karangasem Gelar Persembahyangan di Pura Luhur Andakasa

KARANGASEM, balipuspanews.com – Bupati Karangasem I Gede Dana melangsungkan persembahyangan di Pura Luhur Andakasa, Manggis, Karangasem serangkaian pelaksanaan Jana Kertih di Karangasem, Sabtu (9/4/2022).

Ikut mendampingi orang nomor satu di Bumi Lahar itu Wakil Bupati Karangasem, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem, dan jajaran pemerintah Kabupaten Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gede Dana mengatakan, Tumpek Landep adalah hari raya untuk mengupacarai benda-benda tajam salah satunya adalah senjata tajam. Oleh karena itu, Jana Kertih dilaksanakan pada saat Tumpek Landep dengan tujuan kita sebagai manusia bisa menajamkan diri dari segi kualitas sehingga bisa menyeimbangkan kesejatian diri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Pelaksanaan Jana Kertih di Karangasem saat hari raya Tumpek Landep didasari pada landasan filosofi dari Tumpek Landep itu sendiri yaitu untuk mempasupati benda tajam, dalam hal ini adalah pikiran manusia,” ujar Gede Dana sembari menyebutkan, rangkaian pelaksanaan Jana Kerti di Hari Raya Tumpek Landep juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih di Areal Pura Agung Besakih, pada Jumat (8/4/2022) lalu, dan akan digelar pameran keris serta sarasehan tentang Tumpek Landep pada 9 April 2022 bertempat di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

BACA :  Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Gelar Kegiatan Penguatan Transisi PAUD ke SD Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD

Dilain sisi, Wabup Artha Dipa juga menyampaikan, bahwa makna Upacara Tumpek Landep adalah bukan semata-mata hanya berupacara fisik kepada benda tajam. Namun lebih dari itu, untuk mensyukuri ketajaman pikiran yang dapat mensejahterakan manusia dalam hal membersihkan pikiran yg disimboliskan dengan penyucian senjata.

“Itu di Pasupati (dihidupkan) supaya memberikan kekuatan ketajaman pikiran, ketajaman tindakan, perilaku serta ketajaman pengetahuan,” imbuhnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular