Warga temukan batu mesterius saat melakukan penggalian tanah
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Warga dusun Temukus, Besakih, Rendang, Karangasem dikejutkan penemuan batu kuno bersusun menyerupai pondasi bangunan Selasa ( 17/7) 2018.

Benda bersejarah itu ditemukan diantara kuburan dan Pura Dalem setempat saat warga menggali tanah untuk membuat penyulingan sereh wangi.

Bendesa Adat Temukus, I Nengah Sindia belum bisa menyimpulkan apakah benda yang ditemukan warga adalah benda purbakala atau tidak.

Baca Juga: Lemas, Mahasiswi Diduga Pembunuh Bayi Kembar Masuk Rumah Sakit

” Sayapun masih bertanya – tanya dalam hati. Apa sebenarnya itu, anehnya lagi disana juga ditemukan batu yang memiliki bentuk sedikit unik,” kata Sindia saat dikonfirmasi Balipuspanews.com, Minggu (22/07).

Dituturkan Nengah Sindia, berdasarkan penuturan salah satu tetua yang mengaku sudah dewasa pada tahun 1963, diareal tempat ditemukannya batu  tersebut dulu hanya ditumbuhi pohona yang berukuran besar. Hanya saja entah disekitar lokasi itu bekas pemukiman atau apa, tidak dijelaskan.

Baca Juga: Melihat Pura Batu Bolong Lombok Barat NTB, Pura Peninggalan Danghyang Dwijendra…

Disisi lain, berdasarkan informasi yang dihimpun. Pasca penemuan susunan batu tersebut, beredar kabar bahwa bebatuan itu kemungkinan adalah bekas peninggalan dari Desa Tua yang dahulu sudah bermukim diwilayah tersebut sebelum Gunung Agung Erupsi tahun 1963.

“Ada rumor katanya dulu didaerah astas ada permukin penduduk jaman dulu,” ujar Wayan Sudiana selaku kepala wilayah dusun Temukus.

Meski adanya rumor tentang peninggalan Desa Tua tersebut, Sudiana mengatakan terkait kebenaran sejarah penemuan batu tersebut, dirinya tidak berani memastikan karena semua baru sebatas rumor dimasyarakat. ( igs/bas)

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar...