Minggu, Mei 19, 2024
BerandaDenpasarWisuda Perdana Dilepas Rektor Prof. Pandit Sebanyak 1.354 Lulusan Berkualitas

Wisuda Perdana Dilepas Rektor Prof. Pandit Sebanyak 1.354 Lulusan Berkualitas

DENPASAR, balipuspanews.com
Rektor Universitas Warmadewa (Unwar) baru, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP. untuk kali pertama melepas para wisudawan. Dalam Wisuda perdana selama kepemimpinannya adalah wisuda ke-72 periode Mei tahun 2023 melepas sebanyak 1.354 lulusan, Sabtu (27/5/2023).

Jumlah lulusan ini terdiri dari Pascasarjana sebanyak 92 orang, Fakultas Hukum 305 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 690 orang, FISIP 108 orang, Fakultas Sastra 82 orang, Fakultas Pertanian 26 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 47 orang, dan FKIK 4 orang.

Dengan demikian, hingga saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 40.363 orang, dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 12.713 orang yang terdiri dari 106 orang mahasiswa asing.

Lulusan terbaik Program Sarjana (S1) diraih oleh Ni Luh Sephia Adnyani Putri, S.AP. (Prodi Ilmu Administrasi Negara) IPK 4,00 (Cumlaude). Sedangkan lulusan terbaik Program Magister (S2) diraih oleh Kadek Bramdhika Ada, S.M.,Cpod., M.M. (Prodi Magister Manajemen) IPK 4,00 (Cumlaude).

Menariknya, wisuda kali ini Unwar meluluskan mahasiswa yang mengambil 2 Prodi, yaitu Nyoman Arya Kusuma Wardana, S.Ak.,S.H (Prodi Akuntansi dan Prodi Ilmu Hukum).

Prof. Pandit, mengatakan, dari keseluruhan alumni yang dilepas, sebanyak 251 orang (18,53%) sudah bekerja. Meskipun sudah menjadi alumni, critical thinking para lulusan diperlukan untuk kemajuan Unwar guna mencapai visi yang telah disepakati bersama yaitu unggul, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing tingkat Asean menuju go global tahun 2034.

BACA :  Pemkab Buleleng Raih Juara Umum Pengelola DAK Fisik, Dana Desa, dan KUR Terbaik Tahun 2023

Dikatakan, implementasi tata kelola, penjamianan mutu, dan kerja sama untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat dan aksebilitasnya mudah, Unwar telah meresponnya dengan pengelolaan ekosistem digital.

Dalam tata kelola untuk mewujudkan Good University Governance (GUG) Unwar terus melakukan penataan melalui SIM-T (Sistem Informasi Manajemen Terpadu). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan terutama bidang Sistem Informasi Akademik beberapa menu sudah bisa diakses secara on-line melalui SIMON (Sistem Informasi Mahasiswa On-Line).

Dengan penerapan ekosistem digital ini mahasiswa sudah masuk ke pangkalan data. Kedepan teknologi informasi tidak bisa hanya menjadi pendukung operasional, tetapi harus menjadi instrumen strategis untuk pengembangan kegiatan Tri Dharma Unwar.

Tidak hanya itu, bidang kerja sama untuk tahun akademik 2022/2023 sampai bulan ini telah ada realisasi kerja sama internasional dengan Universitas Tunku Abdulrahman Malayasia. Juga ada invite speaker 2 orang dosen Magister Linguistik Unwar di Central Mindanau University, Philipina. Disamping itu, ada juga 3 orang dosen juga sebagai invite speaker di Central Bicol State University (CBSU), Philipina.

Kerja sama bidang penelitian juga terjalin dengan Oxford Brookes University. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat juga telah terimplentasi antara Fakultas Pertanian dengan Universitas Teknologi Mara Malaysia di Desa Wanagiri Kabupaten Buleleng dan Desa Nagari Kabupaten Gianyar.

BACA :  Hotel Dibooking Tamu WWF, Hotel di Karangasem Ikut Kecipratan

Pada bidang prestasi kemahasiswaan tahun akademik 2022/2023 sampai bulan Mei juga telah meraih puluhan prestasi. Baik prestasi bidang akademik maupun non akademik tingkat international maupun nasional. Bidang sumberdaya manusia, Unwar didukung oleh dosen tetap sebanyak 450 orang dengan kualifikasi akademik Doktor 125 orang dan Magister 325 orang.

Di samping itu untuk mendukung pelayanan administrasi dibantu oleh tenaga kependidikan sebanyak 250 orang. Peningkatan kapasitas sumberdaya dosen saat ini sudah proses pengusulan jabatan ke Guru Besar Kemdikbudristekdikti sebanyak 5 orang, dan yang sedang studi S3 68 orang.

Bidang Pendidikan, semua program studi telah menerapkan Kurikulum Pendidikian Tinggi (KPT) yang berorientasi Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan OBE (Outcome Base Education). Di samping itu, kurikulum program studi S1 semuanya sudah mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Proses pembelajaran juga telah berbasis ekosistem digital, semua dosen diwajibkan menggunakan LMS (Learning Manajemen System) dengan sofware Moodle.

“Harapan kami kepada wisudawan, semoga memperoleh pekerjaan sesuai minat dan keilmuan yang dimiliki. Dan semoga mampu menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat. Untuk lulusan Unwar sudah banyak tersebar di kabupaten/kota instansi pemerintah, swasta, maupun menjadi wirausawan sukses,” harapnya.

BACA :  Menteri PUPR Bersama Pj Gubernur Bali Tinjau Lokasi ‘Bali Nice’

Sementara Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orangtua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih. Ia berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional.

Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita.

“Kita yakin dan percaya dengan kekuatan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, didukung oleh soliditas, solidaritas, dan saling percaya, kita mampu menjadikan Warmadewa sebagai perguruan tinggi terkemuka dambaan masyarakat,” pungkas Wisnumurti.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T, berharap para lulusan agar para lulusan Unwar jangan berhenti belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu sangat cepat dan pesat.

Namun, harus terus meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuannya. Sehingga, mampu menjadi generasi muda penerus pembangunan dan pemegang estafet kepemimpinan untuk dapat menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan unggul.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular