Minggu, Mei 5, 2024
BerandaBulelengDelapan Desa di Buleleng Masuk 500 Besar ADWI 2022

Delapan Desa di Buleleng Masuk 500 Besar ADWI 2022

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak delapan desa di Kabupaten Buleleng berhasil masuk 500 besar pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Delapan desa ini bisa lolos usai bersaing dengan hampir kurang lebih 3.419 Desa Wisata dari 34 Provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng Gede Dody Suksma Oktiva Askara menjelaskan delapan desa wisata ini bisa lolos usai melewati serangkaian tahapan kurasi.

Sehingga berdasarkan penilaian dari Dewan Juri terhadap 7 kategori penilaian, klasifikasi dan kelengkapan data yang ada di website Jejaring Desa Wisata (Jadesta) hasilnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kemudian mengumumkan 500 besar ADWI 2022 lewat channel YouTube yang ditayangkan Selasa (19/4/2022).

Selanjutnya dari 500 nominasi tersebut akan dikerucutkan lagi nantinya menjadi 50 besar dengan 7 kategori, yaitu kategori daya tarik wisata, home stay, konten digital kreatif, souvernir, toilet, Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainabillity (CHSE), dan kelembagaan serta semua akan dirangkum di website Jadesta.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa dan tidak lepas dari kerja keras semua pihak, termasuk stakeholder yang ada di desa,” ungkapnya usai ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/4/2022).

BACA :  Mau Mandi, Warga Temukan Mayat Lansia Mengambang di Aliran Irigasi

Bahkan sebagai dukungan dari pemerintah, pihaknya akan segera melatih operator desa wisata setempat untuk diberi pemahaman bagaimana caranya mengisi Jadesta, seperti bagaimana caranya membuat narasi tentang desanya, mengambil angle foto yang bagus, dan juga melengkapi video yang bernarasi.

Sebab kata Dody nantinya teknis penilaian dari ADWI dilihat dari website Jadesta, selain itu juga akan diadakan pemantauan kelapangan. Dalam pemantauan itu pihaknya juga akan bersinergi dengan OPD terkait untuk mendorong dan memacu agar website dari kedelapan desa tersebut bisa lebih sempurna serta diharapkan bisa menembus minimal 50 besar nasional.

Kendati demikian capaian itu menurutnya akan berdampak pada popularitas, sehingga desa wisata ini dikenal, banyak dikunjungi dan tentunya akan berdampak secara langsung dalam menggerakkan roda perekonomian setempat.

Untuk di ketahui, dari 75 desa wisata yang ada di Kabupaten Buleleng, yang mengikuti ADWI ada 29 desa wisata. Dari 29 desa wisata itu yang berhasil lolos hanya 8 desa wisata, diantara Desa wisata Les, Giri Emas, Julah, Munduk, Sudaji, Bondalem, Sambangan, dan Panji Eco Village.

BACA :  Perkuat Sinergitas, DPD RI Terima Delegasi DPRD Klaten

“Untuk yang belum lolos, kita akan selalu memberikan pendampingan agar ditahun berikutnya bisa berkiprah pada ajang yang sama,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular