Senin, Mei 13, 2024
BerandaBulelengDelapan SMP di Buleleng Adu Kreasi Kesenian Janger

Delapan SMP di Buleleng Adu Kreasi Kesenian Janger

Singaraja, balipuspanews.com – Lomba Janger Kreasi digelar serangkaian HUT Kota Singaraja ke-414 di Lapangan Bhuana Patra Singaraja.

Sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Buleleng, saling adu kreasi kesenian janger. Mereka berusaha mencuri perhatian dewan juri, dalam Lomba Janger Kreasi yang digelar serangkaian HUT Kota Singaraja ke-414 di Lapangan Bhuana Patra Singaraja.

Tercatat, sebanyak delapan sekolah menengah pertama (SMP) ikut ambil bagian, diantaranya SMPN 1 Sukasada, SMPN 1 Singaraja, SMPN 4 Seririt, SMPN 2 Busungbiu, SMPN 4 Kubutambahan, SMPN 4 Banjar, SMPN 1 Sawan, dan SMPN 2 Singaraja.

Lomba itu dilangsungkan dua hari, yakni pada Senin (26/3) malam dan Selasa (27/3) malam.

Khusus lomba janger kreasi, tahun ini terbilang istimewa. Pada tahun-tahun sebelumnya, lomba ini digelar bagi tingkat SMA/SMK. Sedangkan tahun ini, khusus bagi siswa SMP.

Saat tampil di atas panggung, para siswa pun berusaha semaksimal mungkin menarik perhatian dewan juri.

Mereka melakukan berbagai jenis kreasi. Mulai dari gending, gerak tari, hingga formasi dalam pementasan. Seluruh sekolah harus melakukan persiapan selama sebulan untuk menghadapi lomba itu.

BACA :  Delapan Nama Mendaftar di PDI-P Buleleng, Satu Diantaranya Ada Eks Ketua DPC

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, tahun ini lomba janger sengaja melibatkan siswa SMP. Pihaknya mencoba mengenalkan janger sejak dini pada para siswa. Terlebih kesenian janger diyakini lahir di Buleleng, sebelum akhirnya berkembang di Bali Selatan.

“Tantangannya memang perlu proses latihan dan pembinaan yang lebih intens. Namun demikian kami melihat animo sekolah dengan lomba ini cukup besar,” singkatnya.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular