Senin, Mei 13, 2024
BerandaKarangasemEdukasi Warga Ababi Bebas Sampah Plastik, Pokdarwis Nandhi Utama Siapkan Beras Ditukar...

Edukasi Warga Ababi Bebas Sampah Plastik, Pokdarwis Nandhi Utama Siapkan Beras Ditukar Sampah

KARANGASEM, balipuspanews.com – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Nandhi Utama Desa Ababi, Karangasem mengedukasi warga Desa Ababi, Abang, Karangasem peduli lingkungan dengan mengumpulkan sampah plastik yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Untuk memberikan stimulus, pihak Pokdarwis memberikan satu kilogram beras dibarter dengan tiga kilogram sampah plastik.

Tentu saja, warga setempat menyambutnya dengan sangat antusias apalagi ditengah lesunya perekonomian sebagai dampak Pandemi Covid-19.

“Ya, kita ada program tukar sampah plastik dengan beras tempatnya di areal Objek Wisata Maha Gangga Valley, Desa Ababi, kegiatan ini kita laksanakan selama 2 hari, mulai Sabtu kemarin dan hari ini,” ujar Ketua Pokdarwis Nadhi Utama, I Kadek Adiyasa, pada Minggu (23/5/2021).

Ia mengungkapkan, antusiasme warga yang menukarkan sampah pastik cukup tinggi, sejak dimulai hingga hari kedua ini pihaknya sudah menukar sebanyak 1 ton sampah dengan beras. Untuk penukarannya sendiri 1 kilogram beras di tukar dengan 3 kilogram sampah plastik.

Nantinya, sampah plastik yang sudah terkumpul akan serahkan kepada salah satu Komunitas peduli lingkungan yang bermarkas di wilayah Kabupaten Gianyar bernama The Plastik Exchange untuk diolah kembali.

BACA :  Menghilang dari Rumah, Seorang ABG Ditemukan Tergantung

Untuk beras yang ditukarkan sendiri seluruhnya bersumber dari para donatur dan partisipan seperti Komunitas peduli sosial, Eastribution dan dan Komunitas peduli lingkungan lainnya.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular