Minggu, April 14, 2024
BerandaKarangasemJelang Puncak Kemarau, Baru Satu Desa Mohon Bantuan Air Bersih ke BPBD...

Jelang Puncak Kemarau, Baru Satu Desa Mohon Bantuan Air Bersih ke BPBD Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com– Menjelang puncak musim kemarau yang diperkirakan akan terjadi pada bulan September mendatang, sejumlah wilayah Kabupaten Karangasem di perkirakan masih akan mengalami krisis air bersih.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa dikonfirmasi, Rabu (23/8/2023) menyebutkan, wilayah Kabupaten Karangasem yang berpotensi mengalami kesulitan air bersih dampak musim kemarau seperti beberapa Desa diwilayah di Kecamatan Kubu, Karangasem, Abang hingga beberapa Desa di Kecamatan Bebandem.

“September sudah puncak kemarau di Karangasem. Sejauh ini baru ada 1 permintaan yang masuk ke BPBD Karangasem dari Desa Ban, kemarin juga infonya ada permintaan bantuan air bersih ke PMI dari Seraya timur,“ kata Arimbawa.

Meski masih ada potensi wilayah yang mengalami kesulitan air bersih selama musim kemarau ini, namun menurut Arimbawa permintaan bantuan air bersih diperkirakan tidak seperti musim kemarau sebelum-sebelumnya, hal ini dikarenakan beberapa dusun dan Desa di wilayah Kubu telah menerima program pamsimas dari pemerintah pusat melalui Dinas PUPR ditambah sebelumnya curah hujan turun cukup tinggi sehingga sebagian cubang dan bak penampungan masih terisi air.

BACA :  Parwata Sebut Idul Fitri Moment Mempererat Kerukunan Beragama

Biasanya, sebelum adanya program Pamsimas dan curah hujan yang tinggi, permintaan bantuan pasokan air bersih sudah masuk ke BPBD Karangasem sejak pertengahan bulan Maret, namun kali ini sudah mendekati September baru ada satu permintaan yang masuk.

“Walaupun seperti itu, kita tetap sudah melakukan rapat kordinasi untuk mengantisipasi musim kemarau ini, baik melibatkan lintas OPD seperti Dinas Sosial, PMI, PUPR, BPBD Provinsi juga berkordinasi dengan pihak swasta jika misalnya kedepan permintaan air bersih meningkat,” tandas Arimbawa.

Penulis: Gede Suartawan
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular