Kapal terbakar
sewa motor matic murah dibali

Denpasar, balipuspanews. com -Diperkirakan kerugian mencapai Miliaran rupiah akibat delapan kapal yang sedang lego jangkar di Dermaga Barat Pelabuhan Benoa, Denpasar, ludes terbakar Senin (2/7) malam, sekira pukul 23.30 Wita.

Dari delapan kapal tersebut, lima diantaranya terdeteksi yakni Kapal Motor (KM) Millenium Jaya 01,  KM Sutra Jaya, KM Jimi Indah, KM Sulvana dan KM Matsam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan kerugian diduga mencapai miliaran rupiah.

Saksi mata yang melihat peristiwa terbakarnya 8 kapal motor di Pelabuhan Benoa adalah Made Sugiara (47), satpam PT. Balinusa Windu Segara. Malam itu, sekira pukul 23.30 Wita, saksi sedang bertugas dan melihat dari jauh kepulan asap dari KM Sulvana dan KM Millenium Jaya 01.

Karuan saja, para anak buah kapal (ABK) berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Para ABK juga melepas tali jangkar agar kobaran api tidak merembet ke kapal lainnya yang sedang lego jangkar. Namun sayangnya, kobaran api cepat menjalar ke kapal lain.

Baca Juga: Pagi Buta, Gunung Agung Meletus Dua Kali

”Setelah hanyut, KM Sulvana yang terbakar menempel ke kapal lainnya yang sedang lego jangkar. Jadi kapal lainnya ikut terbakar,”ujar saksi Sudiarsa dalam keterangannya kepada polisi.

Kobaran api terus menjalar ke kapal lain berkat bantuan angin yang saat itu bertiup kencang. Dalam hitungan menit, api menghanguskan 8 kapal lainnya. Salah seorang ABK, Aban (35) yang sedang berada di atas kapal mengatakan, ia melihat ada satu kapal yang sudah dipenuhi kobaran api dan mengarah ke dermaga barat. Sehingga pria yang merupakan captain Tughboat PT. Bandar Nelayan ini langsung memerintahkan crew-nya membantu memadamkan api.

Sementara dalam proses pemadaman kapal, 4 KM Tughboat dikerahkan bersama pemadam dari beberapa perusahaan yang beroperasi di Benoa.

“Saya juga ke lokasi dengan tughboat bandar nelayan mendekati KM. Sulvana yang sudah hangus terbakar. Apinya sudah besar sekali,” ungkapnya.

Dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Bali Kombes Hengky Widjaja mengatakan, kebakaran yang terjadi di Pelabuhan Benoa menghanguskan delapan kapal motor. Dua diantaranya masih belum teridentifikasi.

“Dari delapan kapal motor itu, baru lima yang sudah teridentifikasi yakni KM. Millenium Jaya 01, KM. Sutra Jaya, KM. Jimi Indah, KM. Sulvana dan KM. Matsam,” bebernya.

Sedangkan beberapa diantara kapal yang lego jangkar di dermaga barat dan mengalami kebakaran merupakan Eks asing dan bersiap untuk ditenggelamkan. Kombes Hengky mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Selain itu, pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran.

“Pemilik kapal belum dapat dimintai keterangan sehingga kerugian material masih belum dapat dipastikan,” terangnya. (pl/bpn/tim)

 

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here