Pelinggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Setra Sidayu Ludes Terbakar

Pelinggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Setra, Br. Sidayu Tojan, Desa Takmung ludes terbakar
Pelinggih Gedong Penyimpenan Pura Dalem Setra, Br. Sidayu Tojan, Desa Takmung ludes terbakar

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Kasus kebakaran Pura kembali terjadi dikawasan Klungkung. Kali ini terjadi di Desa Takmung tepatnya di Pura Dalem Setra Sidayu, Takmung, Selasa (1/9) sekitar pukul 12.30.

Kapolsek Banjarangkan AKP Ketut Suaka Purnawasa membenarkan adanya Pelinggih yang terbakar di Pura Dalem Setra Br Sidayu Tojan, Takmung.

“Pemicu dari kejadian kebakaran pura tersebut, belum jelas diketahui. Akibat kebakaran tersebut, sebuah palinggih gedong panyimpenan yang beratap ijuk hangus ludes terbakar,” terang Kapolsek AKP Ketut Suaka Purnawasa.

Kejadian awal kebakaran tersebut diketahui salah seorang warga bernama Ni Wayan Sidri yang kebetulan melintas di depan pura Dalem tersebut.

Saat itu Sidri melihat ada asap mengepul dari atap ijuk pelinggih sebelah pojok selatan. Melihat itu ia dengan cepat menuju rumah terdekat yaitu warung milik bu masri (54), sambil berteriak untuk mencari air untuk dipakai memadamkan api.

“Kami kebetulan ada di balai banjar sedang bekerja. Setelah mendapat informasi pura terbakar kami langsung bunyikan kulkul bulus dan bersama warga Sidayu Tojan dan Sidayu Nyuh Aya berupaya memadamkan api dengan alat seadanya,” terang Bendesa Adat Sidayu Tojan, Komang Sudira.

Menurut Komang Sudira, gedong panyimpenan yang beratap ijuk sudah ludes terbakar. Beruntung pratima tidak ada yang terbakar karena disimpan di Pura Puseh. Ada dugaan kebakaran tersebut dipicu arus pendek atau korsleting. Karena sebelum kebakaran terjadi tidak ada warga yang melakukan persembahyangan.

“Pemicunya kami tidak tahu pasti. Yang jelas kerugian dari kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 200 Juta lebih. Akibat kejadian ini kerusakan terjadi sekitar atap pelinggih gedong penyimpenan yang terbuat dari ijuk beserta kayunya akibat terbakar. Dan untuk langkah selanjutnya kami akan melakukan paruman dulu dengan warga,” Ujar Bendesa Komang Sudira.

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan