Kamis, April 18, 2024
BerandaNewsEdukasiPemkab Gianyar Segera Terapkan Sistem E- SAKIP

Pemkab Gianyar Segera Terapkan Sistem E- SAKIP

Gianyar, balipuspanews.com- Pemkab Gianyar terus berbenah. Salah satu pembenahan yang dirancang adalah penerapan aplikasi Elektronik Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah ( E-SAKIP). Dengan system tersebut, akan lebih mudah memantau kinerja setiap OPD lewat program kerja yang dijadwalkan.

Untuk mempercepat program tersebut, Senin ( 14/5) 2018, bertempat diruang sidang bupati Gianyar, Pemkab mendatangkan pakar E-SAKP asal Bandung Medi Mahendra untuk memberikan sosiallisasi penerapan system yang nantinya gampang diakses publik.

“ Sistem ini merupakan aplikasi sistem akuntabilitas kinerja yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka akuntabilitas dan kinerja unit kerja,” kata Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Kota Bandung, Medi Mahendra.

Dikatakan Medi Mahendara,  sistem E-SAKIP berbasis web dapat digunakan bersama untuk memberikan data yang lengkap dan cepat tanpa meminta data manual ke instansi terkait. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana konsistensi dari setiap OPD dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.

Menurut dia, saat ini memasuki era digital di mana setiap informasi dapat diakses oleh siapa saja, kapan dan dimana saja. Dengan sistem aplikasi E-SAKIP setiap program dan kegiatan yang telah ditetapkan pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat, guna mewujudkan transparansi.

BACA :  Hujan Deras Tidak Halangi Warga Kota Seni Saksikan Pementasan Gong Kebyar di Balai Budaya Gianyar

Asisten I Pemkab Gianyar, I Wayan Suardana, saat membuka sosialisasi menyambut baik kerja sama dengan Pemkot Bandung , karena kota ini telah berhasil meraih Predikat A dalam penilaian SAKIP yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB.

“ Tentunya hal ini akan memberikan motivasi kepada Pemkab Gianyar dalam meningkatkan penilaian atas akuntabilitas kinerjanya,” kata Wayan Suardana.

Suardana menyebutkan, system aplikasi E-SAKIP akan segera diterapkan di Gianyar. Menurutnya, informasi yang dihasilkan oleh E-SAKIP ini nantinya akan dapat diakses oleh publik, dengan harapan masyarakat dapat turut memantau  dan memberikan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerjanya. Selain itu, sistem ini juga mendukung penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP).( rls/sur )
 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular