Minggu, Juli 21, 2024
BerandaKlungkungPj Bupati Jendrika Hadiri Puncak Peringatan OTDA di Surabaya

Pj Bupati Jendrika Hadiri Puncak Peringatan OTDA di Surabaya

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Penjabat Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika menghadiri puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-28 Tahun 2024 tingkat Nasional yang digelar di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024).

Bertindak sebagai inspektur upacara Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian dan hadiri Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia.

Tema peringatan yang diangkat pada tahun 2024 ini adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”. Tema ini merupakan cerminan terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi ekonomi hijau. Dimana pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan menghubungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

Sambutan Menteri Dalam Negeri RI, Muhammad Tito Karnavian mengatakan perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untuk memaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah.

“Otonomi daerah merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan Masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah
dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945,” katanya.

BACA :  Terseret Arus Saat Berenang, Pengunjung Pantai Tewas

Setelah 28 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, berupa meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah.

“Kepada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,” jelasnya.

Usai upacara, rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan Pawai Seni Budaya dan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kota Surabaya. Peringatan Hari Otoda 2024 juga diisi pemberian tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada kepala daerah berprestasi.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular