Puluhan Personel Bhabinkamtibmas Ikuti Pelatihan Peningkatan Profesionalisme

MANGUPURA, balipuspanews.com – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dilaksanakan pada bulan November 2022 mendatang, menjadi atensi khusus jajaran Polda Bali.

Bahkan Polda Bali telah mempersiapkan personelnya di lapangan untuk mengecek lokasi-lokasi rawan yang setiap saat mengganggu kamtibmas. Upaya yang dilakukan adalah melibatkan Bhabinkamtibmas dan Pengemban Fungsi Binmas jajaran Polda Bali.

Puluhan personel Bhabinkamtibmas ini dikumpulkan dan diberikan pelatihan di Balai Budaya Giri Nata Puspem, Kabupaten Badung, pada Selasa (4/10/2022). Kegiatan itu dihadiri Direktur Binmas Polda Bali Kombes. Pol. Arsdo Ever P. Simatupang, S.I.K., S.H.

Mewakili Kapolda Bali, Kombes Arsdo Simatupang mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan profesionalisme personel saat bertugas di lapangan. Diantaranya melatih kewaspadaan.

Baca Juga :  Buleleng Raih Penghargaan TP2DD Kabupaten Terbaik Wilayah Jawa-Bali

“Sehingga diperlukan adanya kerjasama kemitraan dengan masyarakat dalam menjaga serta mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Disampaikan pula, personel Bhabinkamtibmas harus mempunyai ketrampilan dasar diantaranya bisa berkomunikasi, mediasi, negosiasi, meredam konflik serta keterampilan lainnya.

Apabila pengetahuan dan ketrampilan tersebut dapat diaplikasikan di lapangan, niscaya para personel Bhabinkamtibmas yang langsung berhadapan dengan masyarakat mampu menganalisis setiap permasalahan yang timbul.

“Bhabinkamtibmas dapat memecahkan setiap masalah serta mencari solusi pemecahan masalah agar tidak berkembang menjadi masalah yang lebih besar. Guna terciptanya kamtibmas yang kondusif dalam mendukung kegiatan Presidensi G20,” imbuhnya.

Sebagai wujud apresiasi dalam pengiriman laporan Dirbinmas Polda Bali menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 5 personel Bhabinkamtibmas yang telah mengirimkan pelaporan terbanyak pada aplikasi BOS (Bhabin Online System) V2.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Hadiri Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Badung

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan