Senin, Mei 13, 2024
BerandaDenpasarRai Mantra Dorong Lurah Aktif Tekan Pengangguran

Rai Mantra Dorong Lurah Aktif Tekan Pengangguran

Denpasar, balipuspanews.com – Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra menyatakan Kota Denpasar sebagai kota besar berbagai tantangan dihadapi, salah satunya masalah pengangguran.

Untuk itu, lurah diminta aktif dan produktif dalam menekan angka pengangguran melalui program-program pembangunan yang asas kemanfaatan dirasakan masyarakat.

Demikian disampaikan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat penilaian lomba desa dan lurah se-Kota Denpasar di Kelurahan Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Selasa (9/5).

Penilaian ini juga di hadiri Ketua Tim PKK Kota Denpasar Ny Selly Dharmawijaya Mantra dan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara.

Untuk mengevaluasi pembangunan yang telah dilakukan di desa/lurah di Kota Denpasar maka dilaksanakan lomba desa/lurah. Evaluasi desa/lurah berdasarkan 3 bidang dengan 9 indikator, di antaranya bidang kepemerintahan, kemasyarakat dan kewilayahan.

Sedangkan 9 indikator yang mendukung bidang tersebut di antaranya, pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintah, lembaga kemasyarakatan, adat dan budaya serta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) maupun lansia.

“Khusus untuk lansia seluruh desa, Kelurahan maupun Kecamatan di Kota Denpasar sudah mendapatkan pemberdayaan dengan baik melalui program-program PKK,” ujarnya.

BACA :  Mahyudin: HIPMI Harus Berpikir Sebagai Pengusaha Bukan Kontraktor

Rai Mantra menambahkan, Kelurahan Desa Dangin Puri tidak ada yang perlu di kawatirkan karena telah memiliki ciri khas sebagai pusat seniman dan kuliner.

“Kuliner yang terkenal adalah di Jalan Kepundung dan tidak mudah memberikan merek karena sudah dibangun puluhan tahun. Begitu juga Industri perak Pak Mudita juga sudah melegenda dari dulu,” ujarnya.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar Made Mertajaya mengatakan, lomba ini merupakan kompetensi dan evaluasi hasil pembangunan desa dan kelurahan yang bersifat mendorong kebersamaan yang wajib dilakukan setiap tahun secara berjenjang dan berkelanjutan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Bagi yang menang dalam lomba tingkat Kota ini akan mewakili Kota Denpasar ke tingkat provinsi.

Sementara itu, Lurah Desa Dangin Puri IB Alit Kertiasa mengatakan, pihaknya telah memberikan berbagai pembinaan dengan membuat, berbagai kegiatan di antaranya Safari Kesehatan, Gema Petik Kelurahan Dangin Puri.

Bidang penertiban penduduk, ujar IB Alit, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada Sekaa Truna agar prosesi pengerupukan bisa berjalan lancar. Untuk pengaman penduduk, pihaknya langsung melibatkan Pecalang dan Linmas.

BACA :  Timbulkan Kemacetan, Bongkar Muat di Jalan Mahoni Diprotes Warga

Tidak hanya itu untuk meningkatkan kebersihan, setiap Jumat melaksanakan Jumat Bersih dengan melibatkan masyarakat dan anak-anak sekolah yang ada di Kelurahan Dangin Puri. Selain itu, pembinaan dengan menyelenggarakan lomba gebogan, tata rias kepada ibu-ibu PKK.

IB Alit menambahkan, Kelurahan Dangin Puri juga banyak memiliki potensi diantaranya, seni tabuh, tari, dan seni angklung. Ia mengaku Desa Dangin Puri memiliki industri rumah tangga, pengerajin perak, endek, kuliner yang melegendaris.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular