Senin, Mei 13, 2024
BerandaNewsEkonomiSosialisasi Masalah Jasa Pengiriman Bagi Pelaku UMKM di Gianyar

Sosialisasi Masalah Jasa Pengiriman Bagi Pelaku UMKM di Gianyar

Gianyar, balipuspanews.com-Kabupaten Gianyar merupakan salah satu kabupaten dengan sektor industri rumah tangga /UMKM terbesar di Bali. Berdasarkan data di Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Gianyar pelaku Usaha UMKM mencapai 75.224 unit. Disamping itu Kabupaten Gianyar juga merupakan kabupaten pengekspor kerajinan terbanyak sekiatar 65-70% ekspor kerajinan Provinsi Bali. Hal ini ditegaskan Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar, Dewa Putu Mahayasa pada acara sosialisasi pelaku UKM dengan PT ARK Ekpres Internasional, di Gedung PLUT UMKM Bedulu GIanyar, Senin (6/3).

Dewa Mahayasa juga menegaskan saat ini Pemkab. Gianyar telah menetapkan tiga sektor unggulan daerah yakni sektor pertanian dalam arti luas, sektor pawisata dan sektor industry rumah tangga atau UMKM. Ketiga sektor ini telah mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian di Gianyar. Dari jumlah UMKM yang mencapai 75.224 unit terdiri dari  sektor industri pertanian 33.892 unit atau 45,05%, sektor non pertanian (kerajinana) 21.757 unit atau 28,92%, sektor perdagangan sekitar 17.143 unit atau 22,80% dan sisanya di sektor jasa mencapai  2.432 unit atau 3,23%.

BACA :  Jaga Kenyamanan Wisatawan, Polsek Ubud Gelar Operasi Penertiban Parkir

Namun dari semua perkembangan jumlah UMKM tersebut ada permasalahan mendasar yang dihadapi pelaku UMKM. Seperti dipaparkan Dewa Mahayasa, permasalah tersebut seperti minimnya sarana dan prasarana, masih rendahnya pemanfaatan teknologi, akses pembiayaan yang terbatas, kurangnya akses pemasaran, desain, branding dan pengemasan.

Menurut Dewa Mahayasa sosialisasi dengan PT. ARK Ekpres Internasional diharapkan mampu menjawab salah satu permasalahan yang dihadapi yaitu masalah branding, pengemasan dan pengiriman produk. Jasa pengiriman sangat penting, mengingat hal ini berkaitan dengan keamanan dan kecepatan serta ketepatan waktu sampai ditempat tujuan.

“ Saya harap manajemen PT ARK Ekpres Internasional tidak hanya memfasilitasi untuk kemudahan proses pengiriman produk, tapi juga memfasilitasi pelatihan bagi UMKM agar kualitas SDM UMKM semakin meningkat,” kata Dewa Mahayasa.

Sementara itu CEO PT.ARK Ekpres Internasional, Abdul Rahim Tahir mengatakan, masalah pengiriman barang merupakan satu kesatuan dalam bidang usaha apapun, baik di industri kerajinan, jasa dn lain-lainnya. Apapagi saat ini tengah berkembang pesat bisinis melalui  online, dimana jasa pengiriman merupakan hal yang sangat penting. Saat ini menurut Abdul Rahim, masalah yang paling sering dikeluhkan konsumen terhadap pengiriman barang adalah masalah barang tidak sampai tepat waktu, barang yang diterima dalam keadaan rusak atau tidak utuh, tidak ada konfirmasi pengiriman barang dan lain sebagainya.

BACA :  Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa Terima Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI

Menurutnya sosialisasi ini bertujuan memberikan gambaran pada pelaku UMKM di Kabupaten Gianyar bagaimana itu masalah pengiriman dan bagaimana mengatasi masalah yang timbul di dalamnya. Humas/Eni

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular