Umat Muslim di Gianyar saat menggelar sholat Idul Adha 1440 H di Lapangan Astina Gianyar, Minggu (11/8/2019) pagi. - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.
sewa motor matic murah dibali

Karena keterbatasan tempat akibat peserta yang terlalu ramai, sholat Idul Adha 1440 H dialihkan di Lapangan Astina Gianyar, Minggu (11/8/2019) pagi. Lalu bagaimana kegiatannya?

Ketut Catur Kusumaningrat, Gianyar

Masjid Al’ala yang sebelumnya digunakan oleh umat muslim di Gianyar untuk menunaikan ibadah sholat Idul Adha nampaknya tahun ini tidak dapat digunakan, pasalnya banyaknya peserta yang membeludak namun kapasitas masjid tidak mencukupi. Alhasil Lapangan Astina Gianyar dipadati oleh ribuan umat muslim pada Minggu Pagi.

Ketua Panitia sholat idul adha Haji Mohammad Sumadi Aripin saat ditemui Balipuspanews di sela-sela acara mengatakan bahwa banyaknya peserta yang ikut serta dalam sholat idul adha ini sebayak kurang lebih 3000 orang.

“Pesertanya cukup banyak, kurang lebih itu sebanyak tiga ribu orang,” katanya.

Acara ini dimulai sejak pukul 06.30 wita dilanjutkan sholat berjamaah dan ceramah oleh pemuka agama.

Dilanjutkan Haji Mohammad Sumadi Aripin bahwa kegiatan sholat ini juga melibatkan pengamanan dari para pecalang (petugas keamanan Desa Adat Hindu, red) untuk menunjukan sikap toleransi antar umat beragama.

“Kami senantiasa melibatkan pecalang untuk petugas keamanan untuk menunjukan kita toleransi dalam umat beragama, saling menjaga, sangat indah dalam perbedaan,” ujarnya.

Tidak luput juga kebersihan tempat sehabis kegiatan sholat, dihimbau agar para peserta menjaga kebersihan tempat selepas kegiatan dengan cara memungut sampah yang berserakan, “Kami ingatkan juga agar memperhatikan kebersihan sehabis sholat,”ucapnya.(catur/bpn/tim).