Kamis, Mei 2, 2024
BerandaKlungkung7 Caleg Incumbent Terpental dari Kursi DPRD Klungkung

7 Caleg Incumbent Terpental dari Kursi DPRD Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Pertarungan legislatif untuk DPRD Klungkung saat Pemilu 14 Pebruari 2024 benar-benar ketat. Terbukti, ada 7 caleg incumbent gagal mempertahankan kursinya. Ini diketahui dari hasil rekapitulasi KPU Klungkung yang sudah diplenokan.

Satu dari 7 petahana yang terpental itu adalah kader Perindo Nyoman Mujana. Mirisnya, Mujana hanya mendapatkan 23 suara. Turunnya suara Mujana disinyalir karena terbagi dengan sang istri Ni Nengah Suwati yang nyaleg lewat Hanura di Dapil
Klungkung 1 (Kecamatan Klungkung).

Suara Mujana kalah telak dibanding rekannya di Perindo, yakni newcomer I Putu Tika Winawan yang meraih 1.841.

Hal ini membuat posisi I Nyoman Mujana harus digeser oleh Putu Tika Winawan, yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Klungkung dan pernah maju sebagai Calon Wakil Bupati Klungkung.

“Inilah yang namanya demokrasi,” ujar Nyoman Mujana, Rabu (6/3/2024).

Bahkan raihan suara Mujana jauh dibawah sang istri, Ni Nengah Suwati dari Hanura yang meraih 1.417 suara. Namun raihan suara itu belum berhasil membawanya ke kursi legislatif.

BACA :  Berlangsung Demokratis, Adi Sutrisna Centong Pimpin AMSI Bali Gantikan Nengah Muliarta

“Kalau istri suaranya memang cukup tinggi, tapi potensi lolos belum. Karena kalah dengan calon lainnya,” ungkap Mujana.

Ia menampik, jika dikatakan dirinya mengalihkan suara ke sang istri. Mengingat tim kampanye dirinya dan sang istri berbeda. Pergerakan di masyarakat juga berbeda.

“Lumayan istri saya dapat 1000 suara lebih. Itulah hebatnya istri saya, sampai saya dikalahkan,” ujarnya.

Meskipun demikian, Mujana mengaku legowo dengan hasil tersebut. Ia merupakan satu diantara 7 incumbent di Klungkung yang kehilangan kursi di DPRD Klungkung.

Dari Dapil Klungkung 1 (Kecamatan Klungkung), Politisi Perindo I Nyoman Mujana harus digantikan oleh rekan satu partainya, Putu Tika Winawan.

Dari Dapil Klungkung 2 (Kecamatan Dawan), beberapa incumbent yang gagal lolos ke DPRD Klungkung yakni I Nengah Ariyanta dari PDIP, dan I Made Bawa dari Gerindra.

Dari Dapil Klungkung 3 (Kecamatan Nusa Penida), politisi Hanura Luh Andriani juga gagal melaju ke DPRD Klungkung. Namun ia digantikan oleh putranya, Komang Krisna Waisnawa.

Dari Dapil Klungkung 4 (Kecamatan Banjarangkan), Sekretaris DPC PDIP Klungkung Sang Nyoman Putrayasa yang gagal mempertahankan kursi DPRD Klungkung.

BACA :  Kesbangpol Bersama TP PKK Badung dan BNN Kabupaten Badung Laksanakan Study Tiru Ke Kota Batam

Demikian halnya  I Gede Artison Andarawata dari Demokrat dan Ida Ayu Gayatri dari Nasdem yang tidak mampu mempertahankan kursi sebagai anggota legislatif.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular