Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, Balipuspanews.com – Untuk menumbuhkan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karangasem membuat trobosan jitu dengan memberikan buku secara gratis bagi pengunjung yang datang  ke Perpustakaan umum Karangasem.

Dijelaskan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karangasem, I Wayan Astika ketika ditemui media ini pada Selasa (19/11/2019). Pemberian buku secara gratis bagi para pengunjung perpustakaan umum Karangasem mulai dilakukan sejak awal November 2019 ini.

“Kita sudah laksanakan sejak awal Bulan ini, namun perlu diketahui hanya pemustaka yang sudah memiliki kartu anggota Perpustakaan Umum Karangasem saja yang berhak untuk mendapatkan buku gratis sepanjang persediaan masih ada,” ujarnya.

Adapun jenis buku yang diberikan secara geratis tersebut, adalah buku yang berkonten tentang keagamaan Hindu seperti buku “Memuja Tuhan dengan Sembahyang” dan “Pedoman Diksa Pariksha dan Dwijati Samsakara”.

Kedua buku tersebut diterbitkan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Karangasem yang dihimpun langsung oleh Astika pada tahun 2003 yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua PHDI Kabupaten Karangasem.

Selain buku tersebut, juga disediakan buku gratis lainnya seperti “Pedoman Upacara Sapuh Leger” (hasil paruman Sulinggih Kabupaten Karangasem) yang didalamnya tercantum tentang prosesi ritual Upacara “Sapuh Leger” seperti ritualnya yang digelar pada Sabtu, (16/11/2019) lalu atau pada saat hari tumpek wayang.

Ada juga buku “Puja Pali Pali Buddha” yang dihimpun oleh Ida Pandita Dukuh Celagi dan diperbanyak oleh PHDI Kabupaten Karangasem pada tahun 2016. “Sepanjang buku masih ada kita akan berikan secara gratis kepada pengunjung yang memiliki kartu perpustakaan umu Karangasem,” jelas Astika.