Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

GIANYAR, balipuspanews.com – Calonarang dengan judul “Wirada Sungsang” yang diadakan di Jabe tengah Pura Dalem Desa Beng, Gianyar, berhasil menyedot perhatian banyak Pemedek, Sabtu (19/1).

Acara yang dimulai dari pukul 23.00 Wita hingga pukul 05.00 Wita ini diadakan serangkaian odalan di Pura Dalem Beng Gianyar.

Banyak kesenian dan pertunjukan yang disuguhkan, salah satu pertunjukan yang dinantikan oleh Pemedek adalah datangnya Watangan-watangan (mayat-mayat an) yang biasa dipertontonkan pada Serangkaian penyalonarangan.

Tepat pukul 03.40 Wita, sesuhunan berupa rangda tedun yang dibarengi dengan pertunjukan “ngurek” oleh Patih.

Menurut salah satu sumber yang merupakan Pemedek asal Desa Beng, Pande Mangku mengatakan pertunjukan Calonarang memang rutin digelar di Pura Dalem Beng ini.

“Memang di Pura Dalem Beng ini secara rutin diadakan Calonarang pada pujawali,” ujarnya.

Hujan yang sempat mengguyur ternyata tidak menghilangkan antusias Pemedek untuk menyaksikan pertunjukan Calonarang ini, bahkan ada yang rela berhujan-hujanan untuk menyaksikan pertunjukan hingga selesai.

Pemedek ramai datang karena mengingat Calonarang yang diadakan kali ini bertepatan pada malam Minggu, sehingga banyak Pemedek yang tertarik untuk menyaksikan pertunjukan hingga pagi buta. (banaspati/bpn/tim)

Advertisement
Loading...