Selasa, Mei 14, 2024
BerandaKarangasemEmpat Kecamatan di Karangasem Masuk Peta Rawan Longsor

Empat Kecamatan di Karangasem Masuk Peta Rawan Longsor

KARANGASEM, balipuspanews.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Karangasem menyebabkan beberapa wilayah di Bumi Lahar rawan longsor.

Dari pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem menyebutkan, ada beberapa wilayah di empat kecamatan di Bumi Lahar yang rawan longsor.

Keempat wilayah rawan longsor tersebut diantaranya adalah Dusun Temukus dan Batusesa yang masuk wilayah Kecamatan Rendang. Wilayah Muncan, Dusun Batu Gede Desa Duda Timur untuk diwilayah Kecamatan Selat, selanjutnya Dusun Belong atau Sanghyang Ambu untuk kawasan rawan longsor Kecamatan Karangasem dan wilayah Berina serta jalur menuju Pura Lempuyang Madya yang masuk wilayah Kecamatan Abang.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa menegaskan, beberapa wilayah yang ada di empat kecamatan tersebut sesui dengan pemetaan dari BPBD memang masuk kedalam kawasan rawan longsor.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar warga yang tinggal atau masyarakat pengguna jalan agar selalu meningkatkan kewaspadaan saat melintas dikawasan – kawasan rawan terjadinya longsoran mengingat wilayah Karangasem kerap diguyur hujan.

Khusus untuk wilayah jalan balai nasional dan jalan provinsi, pihaknya juga mengaku telah melaksanakan rapat koordinasi untuk mengantisipasi apabila terjadi longsor seperti beberapa waktu lalu menyiagakan alat berat dikawasan Sanghyang Ambu agar penanganan sewaktu – waktu bisa cepat dilakukan.

BACA :  Arah Koalisi Gerindra Masih Dinamis, Keputusan Turun Injury Time

“ Itu untuk antisipasi apabila terjadi longsor dijalur nasional dan provinsi, sementara untuk jalur Kabupaten, BPBD tetap berkoordinasi dengan dinas PUPR,” kata Arimbawa dikonfirmasi, Minggu (01/3/2020).(igs/bas)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular