Selasa, Mei 14, 2024
BerandaJembranaJembrana Clean Up Day Sasar Pantai Yeh Sumbul

Jembrana Clean Up Day Sasar Pantai Yeh Sumbul

NEGARA, balipuspanews.com – PHRI Jembrana bersama Dinas Pariwisata dan Budaya Pemkab Jembrana kembali menggelar Jembrana Clean Up Day (JCD) . Kali ini yang disasar adalah Pantai Yeh Sumbul, Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo.

JDC yang dilaksanakan, Jumat (7/8) diikuti oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutarmi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jembrana I Nengah Alit, serta Pengurus PHRI Jembrana, unsur TNI/Polri, Aparat Desa Yeh Sumbul, serta beberapa komunitas.

Ketua Panitia Even JDC yang juga sekretaris PHRI Jembrana Ni Made Ayu Ariati menyampaikan, even JDC berupa aksi sosial bersih-bersih pantai dari sampah plastik ini dimulai dari pukul 07.30, dibagi dalam beberapa titik sepanjang pantai yeh sumbul guna tetap menjaga physical distancing sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kedepan even ini rutin dilaksanakan setiap bulannya, menyasar destinasi wisata yang berbeda-beda yang ada di Kabupaten Jembrana. Untuk itu, perlunya terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah jembrana, aparat desa dan seluruh lapisan masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan bebas dari sampah plastik,” ucapnya.

BACA :  Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Bantu Sembako Warga Kurang Mampu

Tujuan dan sasaran diselenggarakan even JCD ini selain melaksanakan pembersihan pantai juga melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya pantai dari sampah plastik agar tetap indah, bersih, serta menarik untuk dikunjungi. Karena kita tahu bersama sampah plastik tidak bisa diurai dan menganggu pemandangan yang ada di pantai tersebut.

“Selain itu even ini juga sebagai ajang promosi destinasi wisata jembrana seperti lokasi even JCD kali ini di pantai yeh sumbul yang terkenal memiliki potensi panorama sunrise dan sunset nya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana I Nengah Alit berharap dengan even JCD ini dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan khususnya di pantai dari sampah plastik, mengingat banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya sampah plastik, selain mengotori pantai dan merusak pemandangan, juga berdampak pada ekosistem laut yang tercemar dengan adanya sampah plastik tersebut.

JDC ini juga sebagai persiapan pariwisata Jembrana dalam menyongsong tatanan kehidupan baru yang berlaku di seluruh lapisan kehidupan termasuk didalamnya dalam bidang pariwisata.

BACA :  Mandi di Laut, Buruh Petik Cengkeh Terseret Arus

“Kesadaran tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan itu, tidak banyak dilakukan oleh pelaku wisata saja, namun seluruh masyarakat pendukung pariwisata yang terlibat dalam jasa pariwisata di Jembrana,” ungkapnya.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular