Senin, Mei 13, 2024
BerandaNewsPeristiwaKementrian ESDM Bersurat ke Gubernur Bali, Status Gunung Agung Meningkat Waspada...

Kementrian ESDM Bersurat ke Gubernur Bali, Status Gunung Agung Meningkat Waspada !!!

Denpasar, balipuspanews.com – Kementrian ESDM/Ditjen Volkanologi bersurat ke Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika dan Bupati Karangasem, IGA Sumatri terkait peningkatan aktivitas Gunung Agung di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

“Ya kita sudah menge fax  ke Gubernur, Bupati  dan BPBD terkait peningkatan status Gunung Agung dari  normal menjadi waspada pada hari Kamis (14/9) pada pukul 14.00 wita,” kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api, I Gede Suantika, Kamis (14/9).

BERITA TERKAIT : Siaga!!! Peningkatan Aktivitas Gunung Agung Terekam Pendaki

Ia mengatakan terkait penaikan status ini, kata pria asal Buleleng ini mengatakan pihaknya menghimbau agar tidak ada aktivitas pada radius 3 kilometer serta ketinggian 1500 meter dari permukaan laut.

Kata dia, peningkatan aktivitas kegempaan pada Gunung Agung sejak akhir Juli 2017.  Para pendaki melaporkan, juga telah terjadi peningkatan kepulan asap solfatara.

Kedua indikator diatas mengindentifikasikan Gunung Agung dalam kondisi awas.

Menurutnya ada empat tingkatan level aktivitas Gunung Merapi, level  pertama  normal, level kedua waspada level ketiga siaga dan level terakhir awas (sudah meletus)

BACA :  Tokoh Pendidikan Hindu di Jembrana Diberi Penghargaan
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular