Kenalkan Pengobatan Tradisional, Pameran Usada Digelar Disbud Buleleng

Situasi Pameran Usada yang diselenggarakan di Pelabuhan Tua Buleleng
Situasi Pameran Usada yang diselenggarakan di Pelabuhan Tua Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Untuk lebih mengenal sekaligus mengedukasi masyarakat khususnya di Kabupaten Buleleng terkait obat-obatan dan pengobatan tradisional Dinas Kebudayaan (Disbud) Buleleng menggelar Pameran Usada Bali dengan tema “Warisan Leluhur Dalam Racikan Ramuan Tradisional” yang dilaksanakan selama tiga hari bertempat di Pelabuhan Tua Buleleng.

Kepala Disbud Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, S.Sos, M.Si mengaku bangga dan bersyukur dapat menyelenggarakan pameran usada perdana di Kabupaten Buleleng ini. Sebab menurutnya momentum ini dapat dijadikan sebagai ajang edukasi kepada masyarakat Buleleng.

Pameran Usada itu menampilkan produk-produk usada/pengobatan tradisional dari masing masing kecamatan/desa di Kabupaten Buleleng. Acara itupun akan berlangsung selama tiga hari dimulai Senin (6/12/2021). Pameran bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 WITA s.d 20.00 WITA, selain itu, ada juga talkshow yang disiarkan langsung di YouTube Dinas Kebudayaan Buleleng.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI ke-77, Sekda Adi Arnawa Hadiri Acara Kreativitas Lomba di Banjar Bumi Mekar Sari

“Ini tentu bagus ya, karena kita bisa memberikan pengetahuan dan edukasi terkait warisan leluhur kita dalam hal pengobatan tradisional,” ujarnya.

Kadis yang pernah menjabat sebagai Camat Buleleng itu pun menambahkan melalui pameran ini juga dipamerkan 5 Lontar obat tradisional yang merupakan warisan leluhur secara turun temurun yang dapat pengunjung baca sebagai media edukasi dan kilas balik akan betapa pintarnya leluhur terdahulu dalam meracik obat-obatan.

“Kami juga sisipkan beberapa lontar obat tradisional yang bisa dibaca pengunjung untuk dijadikan edukasi dan kilas balik,” imbuhnya.

Pameran Usada ini pun diharapkan dapat memajukan obyek budaya melalui bidang usada/obat tradisional yang ada di Kabupaten Buleleng dan memunculkan pengusada yang berstandar dan kualitasnya terjamin.

Baca Juga :  Salah Umumkan Juara Gerak Jalan 45, Begini Klarifikasi KONI Buleleng

Sementara itu, salah satu peserta pameran Jero Mangku Arya Payasutana berasal dari Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada mengatakan sangat mendukung pameran ini dengan tujuan melestarikan warisan leluhur kepada masyarakat. Selain itu juga dapat diyakini membantu penyembuhan pasien terpapar Covid-19. Produk itu ia jual dengan nama Uric-Herp.

“Ini salah satu produk kami ini mampu membantu proses penyembuhan bagi yang terpapar Covid-19. Bahannya kami pastikan menggunakan bahan-bahan tradisional,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan