Senin, Mei 13, 2024
BerandaKarangasemKunjungan Wisatawan Menurun, 109 Karyawan Pengelolaan Kawasan Pura Besakih Dirumahkan

Kunjungan Wisatawan Menurun, 109 Karyawan Pengelolaan Kawasan Pura Besakih Dirumahkan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Minimnya kunjungan wisatawan ke kawasan Pura Besakih, Karangasem, Bali akibat pandemi Covid-19 mulai berimbas pada penciutan karyawan oleh Managemen Operasional pengelolaan kawasan Pura Agung Besakih.

Terakhir, sebanyak 21 orang tenaga kebersihan dirumahkan, menyusul 88 karyawan lainnya yang telah dirumahkan sebelumnya secara bertahap sejak tahun 2020 lalu.

Sampai saat ini, dari 125 orang karyawan, terhitung dari bulan Maret tahun 2020 hingga bulan Mei 2021, Managemen Operasional telah merumahkan sebanyak 109 orang karyawan sementara 16 orang karyawan masih tetap dipertahankan.

“Kita sebelum bulan Maret tahun 2020 masih bisa bertahan, namun setelah itu jumlah kunjungan wisatawan kian merosot sehingga dengan terpaksa kami merumahkan sebagian besar karyawan secara bertahap,” ujar Kepala Manajemen Operasionan, I Wayan Mawit ketika dikonfirmasi media ini pada Selasa (18/5/2021).

Ia menjelaskan, 16 orang karyawan yang tersisa sebagian besar adalah petugas keamanan. Mereka tetap mau dipekerjakan meski dengan gaji yang tak menentu. Bahkan terkadang mereka hanya menerima upah Rp 300 ribu setiap bulannya itupun jika ada cukup pemasukan.

BACA :  Konser Musik Dan Parade Budaya Akan Meriahkan HUT Kota Bangli Ke-820

Akibat dari dirumahkannya sebagian besar karyawan tentunya selain berdampak terhadap perekonomian warga, tentunya akan mempengaruhi kawasan Pura Besakih terutama dalam hal kebersihan diluar areal Pura agak menjadi sedikit terhambat.

Untuk diketahui, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari awal tahun 2021 rata – rata hanya sebanyak 8 orang setiap dan 21 orang perhari untuk wisatawan lokal yang mengunjungi kawasan Pura Agung Besakih.

“Semoga situasi Pandemi Corona ini bisa segera berlalu, dan pariwisata bisa segera kembali bangkit,” harap Mawit.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular