Kamis, April 18, 2024
BerandaBerita DuniaMenteri PPPA Dukung Pelaksanaan Deklarasi ASEAN terkait Perempuan dan Keluarga

Menteri PPPA Dukung Pelaksanaan Deklarasi ASEAN terkait Perempuan dan Keluarga

JAKARTA, balipuspanews.com – Dalam rangkaian side event pada Sidang Commission on the Status of Women (CSW) ke-67 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga melangsungkan pertemuan bilateral dengan Singapura bersama Sun Xueling, Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga Singapura.

Menteri PPPA menuturukan pertemuan bilateral tersebut merupakan bentuk tindak lanjut atas Penandatanganan Memorandum Saling Pengertian, terkait pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pembangunan keluarga antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Republik Indonesia dengan Kementerian Pembangunan Sosial dan Keluarga (MSF) Republik Singapura, yang diselenggarkan pada November 2022.

“Penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MoU) kedua Negara ini, menjadi landasan sekaligus dukungan atas penyelenggaraan pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pembangunan keluarga serta perlindungan anak. Oleh karena itu, pertemuan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari MoU tersebut untuk bersama-sama membuat program kerjasama lainnya dalam waktu dekat,” ungkap Menteri Bintang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/3/2023).

Menteri PPPA mengungkapkan Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas keluarga dalam rangka peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing, demi mencapai kesejahteraan bangsa. Untuk itu, perlu dilakukan konsolidasi dengan berbagai stakeholders, mengingat peran tugas fungsi yang dimandatkan untuk KemenPPPA lebih spesifik ke perempuan dan anak salah satunya dengan mengusulkan Deklarasi ASEAN.

“Pembahasan isu keluarga kerap kali dianggap sebagai upaya untuk mengembalikan dan mengokohkan peran-peran domestik perempuan. Saya berharap nantinya Deklarasi ASEAN terkait Perempuan dan Keluarga dapat memfokuskan pada isu perempuan di keluarga secara komprehensif dan dapat memperlihatkan solusi dari permasalahan yang ada,” ujar Menteri PPPA.

Terkait dengan sharing best practice Indonesia, Menteri PPPA mengatakan akan menyambut baik kunjungan dari Masagos Zulkifli bin Masagos Mohamad, Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga, di sela-sela CIFA Regional Symposium & MSF Asian Family Conference dan delegasinya ke Jakarta.

“Kami telah menyiapkan beberapa program, seperti kunjungan ke kantor kami, bertemu dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, untuk melihat program bersama kami dalam peningkatan kapasitas ulama perempuan, serta kunjungan ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang merupakan konsep ruang publik, berupa ruang terbuka hijau atau taman yang melayani kepentingan masyarakat, seperti pusat layanan keluarga, penyuluhan, ruang kegiatan anak, perpustakaan, pembibitan, ruang laktasi, dan minimarket. Besar harapan agar Menteri Masagos dan delegasi MSF Singapura, akan mendapatkan banyak wawasan, seperti yang kami dapatkan, selama kunjungan kami ke Singapura November lalu,” ujar Menteri PPPA.

Penulis/editor : Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular