Rabu, Mei 15, 2024
BerandaKlungkungPemkab Karangasem Haturkan Prosesi Penganyar di Pura Dasar Bhuana Gelgel

Pemkab Karangasem Haturkan Prosesi Penganyar di Pura Dasar Bhuana Gelgel

Semarapura,balipuspanews.com- Serangkaian Karya Agung  Karya Agung Mamungkah,Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih,Padudusan Agung,Tawur Panca Wali Krama,Mahayu Jagat,Marisuda Gumi lan Pedanan, Pengebek, penegteg jagat,piodalan, lan mapeselang yang puncaknya Senin(31/12/2018) kemarin ,dilanjutkan dengan Upakara Nganyarin pada Selasa(1/1/2019) yang bertepatan dengan Tahun Baru masehi 2019.

Namun upakara Nganyarin hari kedua Karya Agung di Pura dasar Buana,Gelgel,kLungkung ini dihaturkan oleh Pemkab Karangasem . Rombongan Pemkab Karangasem ngaturang bakti penganyar ini langsung dipimpin oleh Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumantri didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Karangasem Putu Arnawa beserta seluruh OPD Karangasem yang hadir.

Sekitar pukul 13.30 Wita Upakara Bakti Penganyar berlangsung hingga usai dipuput sulinggih dari Gria Karangasem.Dengan berlangsungnya bakti penganyar ini ratusan pemedek yang akan ngaturang bakti sementara tampak antre menunggu dijabe tengah Pura dasar Buana,Gelgel,Klungkung.

Sementara itu Bendesa Pekraman Gelgel Putu Arimbawa tampak sibuk mengatur pemedek melalui Pecalang agar para pemedek yang belum sempat tangkil Ngaturang Bakti untuk bersabar menunggu sampai Upakara Bakti Penganyar Pemkab Krangasem usai.

Berbagai tarian wali juga ditampilkan saat upakara Bakti Penganyar berlansung. Kadis Kebudayaan Karangasem Putu Arnawa ditemui selama Bakti Penganyar berlangsung menyatakan dengan upakara Bakti penganyar ini diharafkan seluruh umat Hindu di Bali bisa pedek tangkil di Pura Kahyangan Jagat ini.

BACA :  Pedagang Pasar Semarapura Blok C dan D Keluhkan Sering Bocor dan Kebanjiran

“ Ya Pura Dasar Buana Gelgel,Klungkung ini merupakan Pura bersejarah bagi leluhur yang membangun pura untuk mengajegkan kesatuan umat. Saya dapat pedek tangkil sembahyang di Pura Dasar bersama Pemkab Karangasem saat ini dipimpin langsung Ibu Bupati,”ujar mantan Ketua Peradah Karangasem ini mantap.

Sebelumnya saat Puncak Karya di Pura dasar Buana Gelgel,kLungkung ini dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Bali Cokorda Arta Derana Sukawati, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dan Nyonya Ayu Suwirta,Ide Dalem Semaraputra, Cokorda Dalem Pemayun dari Puri Payangan,Penglingsir Puri Ubud dan  Puri Pelihatan. Wakil Gubernur dan Bupati Klungkungpun  ikut ngayah munut tapakan ide ider buana metiti mamah menginjak kepala kerbau bertanduk emas.

Menurut  Koordinator Upakara Karya, Dewa Ketut Soma menyatakan bahwa pelaksanaan setelah berlangsungnya Puncak Karya Agung ini ide betare katuran Penganyar nyejer selama 11 hari.

“ Usai upakara Puncak Karya Ngenteg linggih, dan Padudusan Agung ini ide Betare Pura Dasar Buana,Gelgel,KLungkung ini ide betare nyejer selama  11 hari. Dan  Ide betare Pura dasar Buana akan disineb  pada  11 Januari 2019 yang akan datang. Dilanjutkan dengan ritual Meajar-ajar yang akan dilaksanakan  tanggal 14 Januari 2019 yang akan datang,”jelasnya .(Roni)

BACA :  BRIN Observasi Lokasi Sumber Energi Baru Terbarukan di Klungkung
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular