Selasa, April 16, 2024
BerandaAdvertorialWabup. Suiasa Ajak Generasi Muda Mengajegkan Adat, Tradisi, Seni dan Budaya serta...

Wabup. Suiasa Ajak Generasi Muda Mengajegkan Adat, Tradisi, Seni dan Budaya serta Tri Hita Karana 

BADUNG, balipuspanews.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sabtu (23/3) lalu, menghadiri puncak perayaan HUT ke-40 serta Pelantikan Pengurus Sekaa Teruna Dharma Putra masa bakti 2019-2021, Banjar Gelagah Puwun, Desa Kekeran, Kecamatan Mengwi.

Turut hadir mendampingi Wabup, Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst Ngr Gede Jaya Saputra beserta unsur Tripika Kecamatan, Perbekel Desa Kekeran I Nyoman Suarda, Ketua BPD, LPD dan LPM Desa Kekeran, Karang Taruna Indonesia Desa Kekeran, Bendesa Adat Kekeran I Wayan Sukandia, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Kekearan serta Tokoh dan Masyarakat setempat.

Ketua Panitia I Kadek Arianta melaporkan serangkaian kegiatan HUT ST ini telah dilaksanakan pada Minggu 17 Maret 2019 diisi dengan berbagai macam lomba-lomba yang melibatkan Sekaa Teruna, Krama dan anak-anak diantaranya ; voly, lomba lari kelereng, lari kampil, lari pengantin, cerdas cermat anak tingkat SD dan lomba makan kerupuk tingkat anak-anak dengan sumber dana melalui kas Sekaa Teruna. Semua ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa persatuan antar Sekaa Teruna Dharma Putra.

BACA :  Bupati Giri Prasta hadir sekaligus Meletakan Batu Pertama Pembangunan GKPB Dalung

Perayaan HUT ini mengambil Tema “Mari Wujudkan Generasi Millenial yang Santun, Berkarakter dan Berbudaya”. Pada HUT ST Dharma Putra ke-40 ini jumlah anggota sekaa teruna sebanyak 90 orang. “Semoga diusia ke-40 ini Sekaa Teruna Dharma Putra tetap ajeg serta eksis khususnya di Desa Kekeran dan di Kabupaten Badung,” pungkasnya.

Lebih lanjut disebutkan pula, tujuan pelaksanaan HUT STT untuk meningkatkan Solidaritas dan Kreativitas diantara Sekaa Teruna. Atas nama Sekaa Teruna Teruni Dharma Putra, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang dipimpin Bupati Giri Prasta dan Wabup. Suiasa.

“Kami Sekaa Teruna berkomitmen untuk mendukung semua program Pemerintah Kabupaten Badung,” ungkapanya.

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan HUT ST. Dharma Putra ke-40. Dalam kesempatan tersebut Wabup mengajak generasi muda untuk ikut berperan dalam mengajegkan Adat, Tradisi, Seni dan Budaya serta mengajegkan Tri Hita Karana.

Suiasa juga menghimbau kepada Sekaa Teruna Dharma Putra agar memanfaatkan setiap momentum perayaan HUT sebagai pembelajaran serta evaluasi dalam berorganisasi. Sekaa Teruna medasar para Yowana merupakan organisasi tradisi yang akan ikut membantu swadharmaning guru rupaka di bebanjaran maupun di Desa Adat dan dapat dipakai untuk pembelajaran sejak dini dalam melaksanakan ayah-ayahan di masyarakat kedepannya.

BACA :  Gelontorkan Dana Hibah Sebesar Rp 57 Miliar untuk Pembangunan Tempat Ibadah, Ketua DPRD Badung Apresiasi Bupati Giri Prasta

“Oleh karena itu kami berharap kepada para tokoh masyarakat agar ikut berperan serta memberikan tuntunan dalam penyusunan program kerja Sekaa Teruna tersebut,” terang Wabup Suiasa. Guna mendukung pelaksanaan HUT ini Wabup Suiasa memberikan bantuan Pemerintah Kabupaten Badung untuk kegiatan sekaa teruna sebesar Rp 24 juta dan secara pribadi beliau memberikan dana motivasi Rp 4 juta serta bantuan dana motivasi dari Pemerintah Desa setempat untuk mendukung kegiatan Sekaa Teruna dalam menyambut hari ulang tahun Rp 29,000,350 juta. Untuk berinovasi dalam melestarikan adat, seni dan budaya,

Pemerintah Desa setempat juga membantu sebesar Rp 34 juta serta bantuan dana Rp 1, 5 juta dari Bendesa Adat melalui LPD Desa Kekeran. Dalam kesempatan ini Wabup juga menyerahkan 10 kaset DVD lagu Dirgahayu Mangupura Voc/Cipt, D. Antoni/I Ketut Suiasa, yang diterima Perbekel dan Bendesa Adat Kekeran.(rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular