Senin, Juni 17, 2024
BerandaJembrana4 Fokus Pembangunan Disampaikan di Musrenbang RKPD 2024

4 Fokus Pembangunan Disampaikan di Musrenbang RKPD 2024

JEMBRANA, balipuspanews.com– Pemkab Jembrana menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Musrenbang itu dibuka Bupati Jembrana I Nengah Tamba dihadiri Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna, Sekda I Made Budiasa, Anggota DPRD Jembrana, Kepala OPD, serta stakeholder terkait.

Kepala Bappeda Litbang I Made Sudantra menuturkan Musrenbang ini dimaksudkan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Jembrana tahun 2024 dengan tujuan menyepakati permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah tahun 2024.

“Ini nantinya sebagai landasan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyampaikan Musrenbang tingkat kabupaten yang dilaksanakan hari ini memiliki makna yang sangat strategis, kerena merupakan tahun ke-3 dari RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Jembrana tahun 2021-2026.

“Untuk itu, diharapkan peran aktif dan kontribusi pemikiran yang konstruktif dari stakeholders sebagai upaya bersama dalam mewujudkan percepatan pembangunan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Untuk mencapai, katanya tema pembangunan pada tahun 2024, telah ditetapkan 4 (empat) prioritas yang menjadi fokus pembangunan. Diantaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan infrastruktur dan lingkungan hidup, peningkatan perekonomian serta pemantapan kinerja aparatur dan birokrasi.

BACA :  Penumpang Bandara Ngurah Rai Diprediksi Akan Meningkat Saat Libur Panjang Idul Adha

Bupati juga memaparkan sejumlah capaian pembangunan di tahun 2022. Dari 13 program unggulan yang menjadi janji, hampir semua sudah terealisasi, hanya 1 yang belum dapat dijalankan yaitu bus gratis karena terhalang pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan visi, untuk mewujudkan masyarakat jembrana yang bahagia, dimana telah diukur dengan indeks kebahagiaan, capaian indeks kebahagian Kabupaten Jembrana pada tahun 2022 adalah sebesar 72,30 lebih tinggi 0,86 poin dibandingkan indeks kebahagiaan Provinsi Bali dan lebih tinggi 0,8 poin dibandingkan indeks kebahagian nasional,” paparnya.

Sementara dari sisi inovasi, Jembrana mempunyai JSDDD (Jembrana Satu Data Dari Desa) yang telah menjadi pilot project implementasi Perpres No. 39 Tahun 2021 tentang Satu Data Indonesia. Banyak daerah sudah dan akan datang ke Jembrana untuk belajar JSDDD.

Kemudian, sektor peningkatan perekonomian, pemda telah mendorong dan membina UMKM dan pelaku usaha yang ada di Jembrana untuk meningkatkan kopetensi SDM dan kualitas hasil usahanya.

Adanya sentra tenun yang dijadikan Hub untuk menampung dan menjual hasil produksi UMKM yang ada di Jembrana. Sebagaimana diketahui, hal tersebut mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari bapak Presiden pada saat kunjungan beliau ke Jembrana pada awal tahun 2023.

BACA :  Wali Kota Jaya Negara Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2023

“Tentu sekali lagi, capaian di atas merupakan hasil kerja keras kita bersama, sinergisitas dan kolaborasi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, pihak swasta dan dukungan dari masyarakat Jembrana. Tahun 2023 mari kita tingkatkan lagi capaian pembangunan di Kabupaten Jembrana melalui kerja sama semua pihak untuk Jembrana Emas 2026,” pungkasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular