Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBulelengLima Kantong Sampah Plastik Didapat Dari Acara World Clean Up Day di...

Lima Kantong Sampah Plastik Didapat Dari Acara World Clean Up Day di Laut Penuktukan

BULELENG, balipuspanews.com – Ratusan masyarakat melaksanakan bersih-bersih pantai dan laut di kegiatan World Clean Up Day di perairan Banjar Dinas Belimbing, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Minggu (13/8/2023). Hasilnya sebanyak 5 kantong sampah plastik yang berada diantara karang berhasil diangkat ke permukaan.

Kepala Desa Penuktukan, Komang Gangga Perbawa menyampaikan kegiatan bersih pantai dan laut dilaksanakan bersama sejumlah pihak. Ia pun mengaku memilih perairan yang ada di Banjar Dinas Belimbing mengingat di lokasi terdapat spot terumbu karang yang sangat sering dikunjungi para penyelam ataupun wisatawan asing ketika berkunjung ke Desa Penuktukan.

“Kita sengaja memilih lokasi ini, karena satu sisi ada obyek terumbu karang yang bagus disini dan tidak ada di wilayah lain. Sehingga harus tetap dijaga apalagi disini sering wisatawan melakukan kegiatan snorkeling tentu kebersihan harus tetap dijaga,” ungkap dia.

Gangga juga mengaku untuk tetap menjaga ekosistem di laut agar tidak sampai rusak dan dipenuhi sampah plastik. Pihaknya akan meminta kelompok masyarakat yang ada di seputaran pantai untuk ikut mengawasi dan menjaga bersama lingkungan sekitar.

BACA :  Pertamina Patra Niaga Jamin Kesiapan BBM, LPG dan Avtur di Bali saat WWF

Lantas untuk membangkitkan gairah perekonomian dan pariwisata di Desa, pihaknya berencana menghidupkan kembali kelompok pengelola terumbu karang.

“Untuk tetap menjaga kebersihan terumbu karang. Ke depan kita akan hidupkan lagi kelompok pengelola terumbu karang. Jadi nantinya bisa berimbas pada perekonomian dan pariwisata. Mereka pun nantinya bisa ikut menjaga kelestarian ekosistem laut disini. Misal ketika wisatawan ada snorkeling jadi kita ajak sekalian bersih-bersih,” imbuhnya.

Sementara itu dalam kegiatan World Clean Up Day ini selain melibatkan masyarakat, Pemerintah Desa Penuktukan melibatkan dari unsur kelompok nelayan, Pokmaswas, Pokdarwis, dan pemilik villa dan bungalow yang ada di Desa Penuktukan.

“Untuk kegiatan sekarang kita memang masih diadakan sikup kecil. Namun rencananya ke depan kita akan libatkan juga para diver seluruh Kecamatan Tejakula dan wisatawan yang menginap di Desa Penuktukan tapi menunggu kesiapan selanjutnya,” pungkas dia.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular