Rabu, Mei 22, 2024
BerandaKlungkungMasuk KRB III,Pengungsi Minta Pulang Ditolak

Masuk KRB III,Pengungsi Minta Pulang Ditolak

Semarapura,balipuspanews.com.
Sejumlah warga pengungsi asal banjar Pandan Sari, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem yang termasuk kawasan bencana terdampak jika gunung Agung meletus termasuk (KRB III) yang ada di Pos Pengungsian di Banjar Sangging, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung Kamis(9/11) berencana pulang kampung kedaerah asalnya, namun ditolak BPBD setempat.

Kepala BPBD KLungkung Putu Widiada ,S,Sos membenarkan pihaknya bersama Tim penanggulangan bencana turun melakukan  pengecekan  kelokasi pengungsian di Banjar Sangging Desa Kusamba tersebut. Menurutnya dari hasil pengecekan dapat diperoleh fakta-fakta, antara lain bahwa warga pengungsi dimaksud berasal dari banjar Pandan Sari, Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem itu termasuk kawasan rawan bencana sangat terdampak termasuk kawasan KRB III.

“ Total jumlah pengungsi  yang ada di Pos Banjar Sangging Desa Kusamba ini berjumlah 4 KK dengan total jumlah 16 jiwa. Sementara ternak sapi milik pengungsi setelah dicek berjumlah  6 ekor induk dan 3 ekor anak sapi (godel red).

Menurut Putu Widiada berdasarkan realita mereka termasuk kawasan terdampak serius kawasan KRB III maka  dirinya tidak  dapat merekomendasikan warga pengungsi dimaksud tidak diperbolehkan kembali ke desa asal atas dasar posisi Desa Masuk dalam KRB III dan status G.Agung masih brada pada level III/siaga.

BACA :  Setelah ke Nasdem, Tjok Agung Daftar Cabup ke Hanura

“ Karena kondisi rawan bencana KRB III kita tidak perkenankan pulang untuk itu tim penanggulangan bencana tetap mengusahakan untuk keperluan/logistik warga pengungsi masih terfasilitasi begitupula ternaknya,”jelas Putu Widiada tegas.

Sementara itu para pengungsi yang ada dipengungsian Banjar Sangging Kusamba ditemui antara lain I wayan sutanta,. Ni luh parni dan Nengah wirsa menyatakan mereka berasal dari  Banjar pandan sari Desa dukuh, Kecamatan kubu,Karangasem berjumlah 4 KK dengan total 16 jiwa.

“ Saya sudah 40 hari dipegungsian maunya sih pulang tapi karena dihimbau jangan dulu yang kami turuti.karena lokasi desa kami sekitar 5 Km dari kawah Gunung Agung,”Jelas Sutanta.

Namun dirinya memastikan jika diijinkan pulang mereka tidak pulang ke Buleleng karena sulit mencari pakan ternak dikawasan itu,”bebernya.

Sementara ittu pengungsi di GOR Swecapura Gelgel juga ada berniat pulang namun karena termasuk KRB III mereka sadar untuk tetap dipengungsian.

Untuk menghilangkan rasa jenuh Rabu malam (8/11)mereka dihibur oleh Peguyuban seni dari Bali sekaligus memberikan bantuan sembako.

BACA :  Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Pemkab Klungkung Gelar Apel

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular