Rabu, Mei 1, 2024
BerandaKarangasemPemkab Karangasem Jalin Kerjasama Ekonomi Kreatif dengan BEKRAF

Pemkab Karangasem Jalin Kerjasama Ekonomi Kreatif dengan BEKRAF

Karangasem, balipuspanews.com – Usai menghadiri AdAsia Bali 2017 di Gedung BNDCC Nusa Dua Bali, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) Bekraf tentang Pengembangan dan Fasilitasi Ekonomi Kreatif bertempat di Gedung Bali Nusa Convention Center (BNDCC), Rabu (8/11) kemarin.

Hadir memberikan paraf pada MoU tersebut, Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Bekraf (Deputi VI) Endah Wahyu Sulistianti didampingi Direktur Hubungan Antar Lembaga Dalam Negeri Bekraf, Hassan Abuci, Tim Ahli Bupati Ida Bagus Gunartawa, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Karangasem I Gusti Suarta dan Kepala Bagian Ekonomi Setda Adi Susila. Penandatangan disaksikan Anggota Komisi X, Anggota DPR RI Bidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga Bapak Putu Supadma Rudana.

Usai penandatangan MoU, Bupati Mas Sumatri mengatakan,”Nota Kesepahaman (MoU) itu berisi terkait tujuan dari kesepakatan kedua belah pihak dalam pengembangan potensi ekonomi kreatif (Ekraf). Kabupaten Karangasem selama ini dikenal sebagai daerah penghasil pertambangan batuan, mineral bukan logam (galian c) disamping masyarakatnya lebih banyak tergantung pada sektor pertanian, peternakan, kerajinan, perkebunan serta nelayan. Dan salah satu potensi lain yang masih dikembangkan yaitu Ekonomi Kreatif berbasis kekayaan alam dan intelektual kekayaan alam masyarakat Karangasem dengan menitik beratkan pada pembangunan dari bawah dari desa, one village one product ,’katanya.

BACA :  Bunyi Sirene Bikin Geger, Puluhan Pegawai DPRD Karangasem Berhamburan Keluar Ruangan

“MoU anatara Pemkab. Karangasem dan Bekraf diharapkan nantinya menjadi solusi untuk bersama-sama mengatasi permasalahan dalam menggali dan mengembangkan ekonomi kreatif. Banyak sekali yang bisa dikembangkan, prospek kita cukup luas, nanti kita harapkan bisa mengakselerasi pertumbuhan industri kreatif yang nantinya bisa memajukan serta menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat Kab. Karangasem. Seperti misalnya dalam hal pengembangan Destination Branding yaitu, pengembangan potensi sumber daya unggulan daerah yang berbasis ekonomi kreatif terutama yang ada didalam 16 sub sektor seperti, kerajinan, kuliner, fashion dll, serta yang terpenting dengan adanya MoU ini diharapkan kerjasama pengembangan ekonomi kreatif menjadi lebih maksimal dan berkelanjutan,”pungkas Mas Sumatri

Dakam kesempatan itu, Komisi X DPR RI Bapak Rudana dalam paparannya mengatakan, bahwa bagaimana peran Badan Kreatif agar berfungsi maksimal terhadap kesejahteraan masyarakat dan juga dalam membantu penggeliatan ekonomi pemerintahan daerah.

Dikatakan, menjadi hal sangat penting bahwa Kabupaten Karangasem memiliki potensi yang sangat besar, garis pantai nomor dua terpanjang yaitu sejauh 87 Km. Dan orang yang senang melakukan perjalanan spiritual harus datang dulu ke “Mother Tample of Bali” yakni di Pura Besakih Karangasem, untuk mendapatkan berkat, kedamaian untuk dia bergerak dimanapun dia berada diseluruh Indonesia, kalau saya katakan rumah kita semua “Spiritual Home kita” adalah di Kabupaten Karangasem,”ujarnya.

BACA :  Dulang Mangap Kecamatan Manggis Dikukuhkan, Tulus untuk Ngayah

Akhir paparan, Rudana menyampaikan ucapan selamat atas terjalinnya MoU antara Pemkab. Karangasem bersama Bekraf.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular