14/08/2020, 11:03 AM
Beranda Bali Gandeng HIMPI Jakarta Barat, JCI Bali Sowan ke Wagub Siap Glontorkan Modal...

Gandeng HIMPI Jakarta Barat, JCI Bali Sowan ke Wagub Siap Glontorkan Modal Untuk UMKM

DENPASAR, balipuspanews.com- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Barat, Jumat (21/2/2020) berkunjung ke ruang Praja Sabha, kantor Gubernur Bali.

Kedatangan rombongan yang difasilitasi oleh Junior Champer International (JCI) Bali itu disambut wakil gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab dipanggil Cok Ace.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua JCI Bali menyampaikan bahwa JCI Bali kedepannya telah menyusun sejumlah program kerja dimana salah satunya adalah penyediaan modal bagi para pengusaha baik itu koperasi maupun UMKM yang masih mengalami kesulitan dalam hal permodalan. Untuk itu pihaknya mengajak Pemprov Bali untuk bersinergi dalam menyalurkan permodalan tersebut kepada koperasi maupun UMKM binaan pemprov Bali.

Ketua JCI Bali Gede Wira Hadibrata Putra menyampaikan, pihaknya juga terus berupaya mengembangkan kembali pertanian Bali sehingga perekonomian Bali tidak hanya terpaku pada pariwisata. Dalam bidang pertanian telah dilakukan pengembangan Vanili dimana Bali memiliki kualitas vanili yang bagus dan dulunya adalah sentra penghasil vanili.

Disamping itu, pihaknya juga akan mengembangkan pertanian lokal dan menggandeng para petani lokal untuk berkembang sehingga memilki akses dan permodalan untuk memasarkan produk ke hotel.

Wagub Cok Ace menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari HIPMI Jakarta Barat ke Provinsi Bali sehingga dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam upaya mendorong para pengusaha muda Bali agar maju dan berkembang.

Wagub asal Puri Ubud itu mengingatkan para pengusaha muda untuk selalu meningkatkan etos kerja serta bersikap jujur. Dengan demikian usaha yang dibangun akan berjalan lancar dan membawa kesejahteraan.

Dalam kesempatan tersebut, mantan bupati Gianyar itu memaparkan terkait pengembangan wilayah Bali yang disesuaikan dengan karakter yang dimilki oleh masing masing wilayah dimana Bali bagian utara dikembangkan untuk sektor perikanan dan pertanian, Bali wilayah Utara akan dikembangkan terkait konservasi alam, Bali wilayah selatan akan terfokus pada kawasan komersial dan ekonomi kreatif serta Bali bagian timur akan dikembangkan sebagai wilayah spiritual.

Wagub Cok Ace juga menyampaikan bahwasannya saat ini masih terdapat ketimpangan pembangunan antara Bali bagian utara dengan Bali bagian selatan dimana hal ini disikapi serius oleh Pemprov Bali yang salah satunya dengan pembangunan infrastruktur penghubung antara Bali bagian utara dan bagian selatan sehingga terwujud kesejahteraan di seluruh wilayah Bali.

Menurut Cok Ace, Pemprov Bali juga terus mendorong pengembangan sektor pertanian, yang telah didukung dengan keluarnya Pergub No 99 Tahun 2018 tentang pemasaran dan pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali. Dengan demikian diharapkan sektor pertanian kembali menggeliat sehingga kedepannya Bali tidak hanya bergantung pada sektor pariwisata.

Kunjungan anggota HIPMI Jakarta Barat pada pagi hari ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun , Anggota HIPMI Bali serta anggota JCI Bali diakhiri dengan sesi tukar cinderamata dan foto bersama.(rls/bas/tim/bpn)

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...