19/09/2020, 8:02 AM
Beranda Bali Jembrana Politeknik Kelautan Dan Perikanan Diminta Prioritaskan Kuota Lokal

Politeknik Kelautan Dan Perikanan Diminta Prioritaskan Kuota Lokal

NEGARA,balipuspanews.com- Untuk menciptakan SDM yang mampu mengeloa potensi perikanan besar itu, Jembrtana sudah memiliki Politeknik Kelautan dan Perikanan, di desa Pengambengan.

Namun SDM yang professional untuk mengelola potensi perikanan itu diharapkan lebih banyak warga local sehingga mampu menumbuhkan perekonomian di Jembrana.

Bupti Jembrana I Putu Artha menyamapikan harapan itu saat melantik taruna baru Politeknik Kalautan dan perikanan jenjang pendidikan diploma 3 di GOR Kresna Jvara kelurahan Dauh Waru, Jembrana, Kamis(12/12).

Kepada taruna yang dilantik dan didampingi orang tuanya serta dihadiri Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, anggota DPRD Jembrana,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Direktur Politeknik Kelautan I Gusti Putu Gede Rumeyasa.

Bupati I Putu Artha meminta dalam merekrut calon-calon taruna baru Politeknik Kelautan dan Perikanan, kedepan  agar memprioritaskan warga lokal.

Mereka sangat diperlukan untuk mengelola potensi perikanan di Jembrana yang cukup besar. Juga dengan keberadaan kampus di Jembrana akan mampu mencetak SDM local yang handal sehingga potensi perikanan yang cukup besar akan mampu memberikan nilai ekonomi yang lebih besar.

“Perjuangan pemkab Jembrana untuk bisa mendapatkan Politeknik Kelautan dan Perikanan ini tidak mudah. Meski demikian, kita patut bersyukur Politeknik ini bisa kita wujudkan sesuai harapan. Namun demikian, kedepan kami tetap harapkan dalam merekrut calon-calon Taruna ini agar tetap memprioritaskan warga lokal, “ ungkapnya.

Bupati Artha juga menegaskan, mahasiswa taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan selama menimba ilmu di bangku kuliah agar mampu mengimplementasikannya ilmu yg didapat  di lapangan.

“bekal ilmu yang didapat selama 3 tahun di bangku kuliah sesuai Prodinya masing-masing tentu sangat bermanfaat. Saya harapkan potensi sumber daya perikanan yang ada di Jembrana ini mampu diolah dengan berbagai inovasi sehingga dapat menambah nilai ekonomi yang lebih tinggi,“tegasnya.

Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan, I Gusti Putu Gede Rumeyasa mengatakan kuota untuk para calon taruna saat ini sudah sesuai ketentuan bahkan telah melampaui target.

“Pelantikan para taruna baru ini diikuti 94 orang. Dari jumlah itu 46 orang dari warga Jembrana. Artinya, kuota warga lokal sudah ketentuan yakni, sekitar 51 persen. Sisanya tersebar di 21 Kabupaten  yang ada di 13 Propinsi di Indonesia.“ujarnya.

Rumeyasa juga menegaskan, para taruna yang baru dilantik agar mampu mengimplementasikan ilmunya bahkan mampu menjadi pengusaha-pengusaha muda.

“ Taruna angkatan ke tiga ini mampu melihat peluang dan pangsa kerja. Potensi sumber daya perikanan di Jembrana cukup besar ini hendaknya mampu diberdayakan dengan inovasi-inovasi sehingga mampu memberikan nilai ekonomi yang lebih tinggi, “pungkasnya. (nm/bpn/tim)

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play